Jainudin : Peternakan Itik Di Sidoarjo Bisa Menjadi Contoh Di Kalteng

Foto : Kunjungan Kerja Komisi II DPRD Kalteng ke Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), hari ini Kamis 06 Februari 2020, sedang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

Adapun tujuannya, yakni untuk bertemu dengan pemerintah Kabupaten Sidoarjo, terutama dalam upaya mengetahui bagaimana pengelolaan usaha ternak itik, yang dinilai layak menjadi inspirasi dan dapat diadopsi di Provinsi Kalteng.

Yangmana, pada kesempatan ini rombongan Komisi II DPRD Kalteng,  lansung disambut baik oleh Wakil Bupati Sidoarjo bapak H Nur Achmad Syaifudin SH beserta jajaran pemerintah Sidoarjo.

Melalui sambungan whatsapp group, anggota Komisi II DPRD Kalteng, Jainudin Karim menyampaikan, saat ini Komisi II DPRD Kalteng, pihaknya telah melangsungkan pertemuan dengan pemerintah Kabupaten Sidoarjo. 

Hal menarik, yang bisa dicontoh,  yakni berkenaan dengan pengelolaan usaha peternakan itik,  yang dikelola oleh peternak itik yang ada di Desa Kebon Sari,  Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jatim.

Bahkan, di daerah tersebut terkenal dengan julukan ‘kampung itik’,  yang sudah ada sejak 4 (empat)  tahun lalu, yangmana pada daerah tersebut terdiri dari 30 hingga 40 peternak itik, dengan jumlah ternak berkisar 50.000 sampai 100.000 ekor itik.

“Dari peternak tersebut, bisa memproduksi telur itik setiap harinya 40.000 butir hingga 60.000 butir telur.  Dan, hasilnya dikirim ke semua wilayah Jawa Timur,” kata Politisi Partai Gerindra ini.

Tidak hanya itu, hasil olahan telurnya pun diolah menjadi telur asin, dengan beraneka ragam rasa. Dimana, dari hasil olahan tersebut bisa menjadi ikon kuliner daerah tersebut.

“Inilah hal menarik, yang dapat menjadi contoh untuk sekiranya kemudian dapat diadopsi di Provinsi Kalimantan Tengah,  tambahnya.

Kata Jainudin Karim, usaha peternakan itik, masih sangat memungkinkan untuk di jalankan di daerah Kalteng, mengingat  di sejumlah daerah di Kalteng, juga memiliki potensi untuk pengembangan ternak itik.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: