H. Alex : Ketetapan Tapal Batas Desa, Guna Hindari Konflik

Foto : Ketua Komisi I DPRD Barsel, H. Raden Sudarto, SH

Beritakalteng.com, BUNTOK – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Barito Selatan, H. Raden Sudarto, meminta Pemkab setempat untuk segera menyelesaikan masalah tapal batas antar Desa.

Hal ini, dikatakan pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Barsel ini, berguna menghindari terjadinya konflik lahan di tengah masyarakat, serta adanya kepastian hukum di daerah perbatasan antar desa maupun di wilayah Kabupaten berjuluk Bumi Batuah tersebut.

“Keinginan kita agar tapal batas bisa dituntaskan sebab, masih banyak tapal batas antar desa di sejumlah kecamatan di Barsel sampai sekarang tidak jelas. Hal ini menyebabkan sering terjadi konflik lahan di daerah perbatasan antar desa,” tukasnya.

Diungkapkan oleh pria yang akrab disapa H. Alex ini, hingg saat ini, masih ada beberapa desa yang tapal batasnya belum selesai, diantaranya Desa Sanggu dan Desa Sababilah, Desa Muara Arai dengan Desa Mangaris, Desa Patas dengan Desa Muara Singan dan beberapa Desa lain.

“Dengan masih banyaknya permasalahan  tersebut, kami minta Pemkab Barsel melalui SOPD terkait untuk segera menyelesaikan masalah tapal batas antar desa di beberapa kecamatan di daerah ini dan tak terkecuali juga terjadi dengan batas antar Kabupaten,” pintanya.

Menurutnya, permasalahan ini harusnya dapat segera diselesaikan dalam beberapa bulan ini, sebab berkaitan dengan kinerja kerja para pejabat pemerintahan di lingkungan Pemkab.

“Bila dalam batas waktu  tersebut masih belum selesai, maka Bupati sebaiknya berpikir untuk mulai mengganti para pejabat seperti Camat dan bidang pemerintahan lainnya,” pungkasnya. (Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: