Dewan ini Himbau Masyarakat Bantu Pemerintah Atasi Banjir

Foto : Anggota DPRD Provinsi Kalteng Muhajirin

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Anggota DPRD Kalteng, Muhajirin, mengajak masyarakat untuk bersama-sama membantu pemerintah mengatasi banjir dadakan yang terjadi di lingkungan masing-masing.

Menurutnya, Pemerintah saat ini juga terus berupaya membenahi drainase mengatasi banjir. Namun pemerintah tidak bisa sendiri. Masyarakat diharapkan membantu membersihkan parit dan sampah dilingkungan masing-masing agar arus air menjadi lancar.

“Masyarakat diharapkan bisa menyisakan tempat ruang bagi sumur resapan di lingkungan rumah. Sebab, saat ini rata-rata pekarangan rumah warga semua di-cor beton, sehingga air mengenang dipermukaan tanah, dan meluber di jalan-jalan,”katanya belum lama ini

Anggota Fraksi Demokrat Kalteng ini juga menyarankan agar masyarakat membuat sumur resapan air di sekitar rumah, sehingga air bisa meresap ke bawah dengan cepat.

Muhajirin juga mengimbau agar RT/RW bersama warga menggiatkan kegiatan kerja bakti gotong-royong, minimal membersihkan sampah, semak belukar atau rumput yang menutupi drainase atau parit.

Masyarakat pedagang yang berjualan di pingir jalan juga harus menjagar kebersihan parit atau drainase dengan tidak menutup dan membuang sampah dalam saluran drainase.

Ia juga menyarankan agar dinas terkait juga dapat membuat perencanaan yang matang mengenai besaran volume drainase dari kawasan pemukiman hingga ke saluran pembuangan utama di Sungai Kahayan ataupun Sungai Sebangau.

Besarnya drainase sebagai saluran pembuangan dari pemukiman warga hingga ke pembuangan utama (Drainase Induk dan Sungai-red) harus di perhatikan, termasuk waktu dan volume hujan setiap tahun juga harus diperhatikan. Itu penting dalam membuat perencanaan kedepan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: