Foto :

Warga Diharapkan Dapat Manfaatkan Lahan Perkarangan untuk Bercocok Tanam

Foto : Ilustrasi (dok. beritakalteng.com)

Beritakalteng.com, SAMPIT- Keberadaan lahan tidur atau pekarangan rumah milik warga akan sangat bermanfaat apabila dikelola untuk bercocok tanam. Masih banyak lahan atau pekarangan milik warga yang saat ini yang masih nganggur. 

Oleh sebab itu, jika ini ditekuni atau benar-benar dikelola oleh warga kemungkinan akan membantu kebutuhan rumah tangga khususnya ketersediaan sayur mayur untuk keperluan dapur.

Camat Mentawa Baru Ketapang Sutimin mengatakan, warganya saat ini memang banyak memiliki lahan atau pekarangan yang bisa dimanfaatkan untuk dimanfaatkan bercocok tanam.

“Misalnya saja menanam buah seperti melon, semangka dan jenis lainnya. Bahkan bisa juga menaman sayur, misalnya timun, gambas, lombok, terong, tomat bahkan masih banyak lagi. Ini memang diperlukan ketekunan dan ketelatenan pula,” jelasnya kepada Kalteng Pos, Rabu (11/12/2019).

Sutimin mengajak warganya untuk bersama-sama memanfaatkan lahan kosong tersebut. Minimal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dari pada beli lebih baik langsung ambil dari pohonnya.

“Insya Allah pihak Kecamatan Mentawa Baru Ketapang siap untuk memfasilitasi jika ada warganya yang mengembangkan atau bercocok tanam ini. Terkait bibit, kami juga akan melakuan kordinasi dengan Dinas Pertanian siapa tau bisa membantu warga kami ini nantinya,” paparnya.

Tambahnya, terkait penganggaran bibit itu pihak kecamatan memang tidak ada anggaran untuk pengadaan bibit tersebut, namun pihannya akan diusulkan ke Dinas Pertanian. “Kita juga akan nantinya akan berkoordinasi dengan PPL, lurah atau kades, PKK terkait masalah ini. Kita juga berharap agar warga bisa memaksilkan adanya lahan atau pekarang, meski kecil namun bisa untuk bercocok tanam mengapa tidak mencobanya,” pungkas Sutimin.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: