Selain Mitra, Wartawan Juga Pengguna Data Statistik

 

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Selain sebagai Mitra, wartawan juga merupakan pengguna dalam pengelola data yang dikeluarkan oleh Bandan Pusat Statistik (BPS) untuk dijadikan sebagai bahan pemberitaan yang disampaikan ke publik.

Hal ini disampaikan Maria Wahyu Utami selaku Kapala Bagian Tata Usaha BPS Provinsi Kalteng bahwa dipandang perlu memperkenalkan data-data statistik yang dikelola kepada wartawan melalui kegiatan workshop.

“data yang dikelola BPS itu kan banyak banget. Tujuan dilaksanakanya workshop wartawan ini salah satunya memperkenalkan berbagaimacam data yang dimiliki BPS” kata Maria, rabu (4/12) di salah satu hotel di Palangka Raya.

Pelaksanaan kegiatan workshop dengan mitra kerja salah satunya teman-teman wartawan rutin dilakukan setiap tahun, dengan data-data yang disajikan juga berbeda-beda.

Dengan demikian lanjut Maria mejelaskan, wartawan dapat lebih memahami data yang disampaikan oleh BPS. interpretasi yang disampaikan wartawan ke publik tepat, sehingga dapat mencerdaskan masyarakat.

“juga bisa memberi masukan untuk para pengambil kebijakan. Dengan berkembangya teknologi sekarang ini, kebutuhan masyarakat terus berkembang, sehingga perlu adanya peningkatan kemampuan” bebernya menambahkan.

Oleh sebab itu, BPS Provinsi Kalteng khususnya terus berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap penyajian data melalui pemberitaan di media massa.

Dalam kegiatan workshop tersebut, hadir sebagai narasumber diantaranya, Kepala Bidang Statistik dan Sosial BPS Kalteng, Ambar Dwi Santoso dan Analis dari Media Online Tirto.ID, Hanif Gusman dan puluhan media cetak dan media online di Palangka Raya.(Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: