Jaring Bakat Pemuda, IAHN Tampung Penyang Gelar PSBO Tahun 2019

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Dalam rangka menjaring potensi dan bakat mahasiswa, dalam bidang olah raga dan seni budaya, Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Tampung Penyang, menggelar kegiatan Pekan Seni Budaya dan Olah Raga (PSBO) Tahun 2019.

Kegiatan tahunan ini, secara resmi dibuka langsung oleh Rektor IAHN Tampung Penyang, Prof Dr I Ketut Subagiasta MSi DPhil, serta dihadiri pula oleh para Wakil Rektor UPR, dan para unsur pimpinan fakultas, perwakilan pemerintah Kota Palangka Raya, pihak sponsor, Presiden BEM beserta Gubernur BEM bersama jajaran dari 3 (tiga) fakultas di lingkup IAHN Tampung Penyang, Senin (18/11) tadi pagi.

Saat dibincangi awak media, Presiden BEM IAHN Tampung Penyang Fran Nandoe menyampaikan, kegiatan PSBO ini merupakan kegiatan ketiga kalinya digelar oleh IAHN Tampung Penyang. Dulu, kegiatan ini lebih dikenal dengan nama IAHN Cup, dan sekarang namanya telah berganti menjadi PSBO.

Dimana, kegiatan ini bertujuan, selain menjalin tali silahturahmi antar perguruan tinggi dan sekolah-sekolah yang ada di Kota Palangka Raya, juga sebagai pencarian bakat olah raga, sekaligus pula sebagai sebuah kesempatan untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Kami juga berharap, agar kegiatan PSBO ini juga bisa menjadi agenda tahunan, karena melalui kegiatan ini, dapat menjaring potensi para pemuda, yang notabene mereka adalah mahasiswa dan pelajar.”

“Harapan kami kedepannya, anggaran pelaksanaan kegiatan dapat pula dimasukan ke dalam anggaran tahunan universitas, dan begitupula adanya bantuan dari pemerintah kota maupun provinsi, yang sekiranya bisa membantu penyelenggaraan kegiatan ini, pada tiap tahunnya,” ungkap Fran.

Lanjut Fran, kegiatan ini memperlombakan 2 (dua) cabang olah raga, yakni sepak bola dan bola voli. Serta, untuk lomba Karungut dan lomba Tari Daerah.

Masih ditempat yang sama, Rektor IAHN Tampung Penyang, Prof Dr I Ketut Subagiasta MSi DPhil mengutarakan, kegiatan PSBO ini merupakan kegiatan yang sangat positif. Sebab, melalui kegiatan ini, maka bakat-bakat pemuda, dalam bidang olah raga, baik itu dalam cabang olah raga Sepak Bola dan Bola Voli.

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan sekaligus dapat melestarikan khasanah kebudayaan masyarakat Dayak Kalteng. Dan, harapannya agar kebudayaan Dayak dapat terus lestari, di era sekarang ini.

“Kami, tentunya sangat mendukung kegiatan ini, dan kita akan memikirkan kedepannya, agar kegiatan menjadi agenda tahunan dari IAHN Tampung Penyang. Itu akan kita bawakan rapat dalam rapat senat universitas,” pungkas Rektor IAHN Tampung Penyang Prof Dr I Ketut Subagiasta MSi DPhil.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: