Dewan Bartim Ini Meminta Pemdes dan BPD Pahami Tugas dan Fungsinya

Anggota DPRD Barito Timur, H. Parjono (jas hitam)

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG- saat ini fenomena yang berkembang didesa, ketidak keharmonisan hubungan kerja antar lembaga pemerintah desa (pemdes) dangan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masih sering terjadi.

Seperti yang disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Timur (DPRD) H. Parjono mengingatkan agar anggota BPD maupun Pemerintah Desa selalu ingat dan memahami tugas.

Pasalnya berdasarkan Undang nomor 6 tahun 2015 tentang desa, peran dan fungsi BPD didesa sangat penting dan strategis dalam alur roda pemerintahan tingkat di 101 desa.

“Karena tugas BPD di desa tidak hanya sebagai jembatan aspirasi pembangunan, namun juga sebagai lembaga yang berfungsi mengawasi jalanya roda pemerintahan di tingkat desanya masing-masing” jelas Parjono. Selasa (5/11).

Oleh karena itu, anggota DPRD ini berharap agar anggota BPD ditingkat desa mempelajari betul-betul segala ketentuan dan peraturan yang menyangkut tentang peran, fungsi, tugas dan kewenangan anggota BPD, sehingga dalam menjalankan tugas dapat betul-betul memahami dan bertanggung jawab.

Selain itu, ujarnya hubungan yang tidak harmonis itu juga disebabkan kurangnya keinginan mempelajari peraturan perundang-undangan yang berlaku, sebagai dasar bagi aparatur desa dan juga BPD dalam menjalankan amanah yang dipercayakan oleh masyarakat.

Legislator ini berpesan, agar BPD dan pemerintah desa saling bersinergri dalam mewujudkan pembangunan yang lebih maju dan lebih berkembang.(ag/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: