Zakarias: Saya Bosan Akan Janji Para Investor

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Bupati Kabupaten Katingan Zakarias, tagih janji realisasi para investor yang akan berinvestasi Kabupaten Katingan. Hal ini dikarenakan, oleh banyaknya para investor yang datang dari luar Kabupaten Katingan, namun sampai saat ini masih belum ada realisasinya.

Padahal, Kabupaten Katingan memiliki Hutan Lindung Bukit Raya Bukit Baka, Taman Nasional dan Kebun Raya, yang sangat cocok sekali untuk diinvestasikan.

“Saya tidak mau lagi yang banyak omong, terutama kepada para investor yang sering datang kepada saya, yang menjanjikan setahun dua tahun untuk menanam investasi, namun belum ada realisasinya. Hal inilah yang kita tunggu dari para investor, bentuk keseriusannya untuk berinvestasi,” ujar Zakarias, sesaat meninggalkan halaman utama, Rumah Betang Hapakat, pada acara Mubes HWK KT 2019, Selasa (06/04) sore.

Dirinya mengatakan, yang menjadi prioritas di Kabupaten Katingan, adalah pembangunan infrastruktur jalan. “Kenapa infrastruktur?, karena kita memiliki lahan pertanian yang sangat luas, yakni di wilayah Katingan I di daerah Pagatan, yang mencapai 28.000 Hektar, yang baru teralisasi ada sekitar 8.000 Hektar, dan Kabupaten Katingan juga menjadi salah satu lumbung padi, sampai bisa mengirimkan hasil padinya ke wilayah Banjarmasin,” ucapnya.

Lanjutnya, Kabupaten Katingan memiliki peluang yang sangat besar, dan terbuka untuk berinvestasi. Bahkan, Kabupaten Katingan dari sektor lainnya, seperti perikanan dan peternakan juga mengalami swasembada pangan.

Sementara itu, saat ditanyakan Kabupaten Katingan, tidak masuk wilayah pengembangan food estate. Dirinya pun juga justru balik mempertanyakan hal tersebut.

“Saya juga terkejut, dan mempertanyakan  kenapa Kabupaten Katingan, tidak masuk ke dalam wilayah pengembangan program food estate?. Padahal potensi yang dimiliki Kabupaten Katingan, tidak kalah dengan Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau,” kata Zakarias sembari mempertanyakan hal ini.

Dirinya melanjutkan, Kabupaten Katingan memiliki Riam Jarawi, dimana lokasi ini rencananya akan dibangun pembangkit listrik. Kemudian, di Katingan juga ada Hutan Lindung Bukit Raya Bukit Baka, dan Kabupaten Katingan juga menjadi lumbung padi yang sudah mengirimkan hasilnya, hingga ke Banjarmasin.

“Yang pasti, menjadi prioritas pembangunan adalah infrastruktur jalan. Disaat pertemuan, saya juga ada menyampaikan, saya tunggu di Katingan. Tapi ya tolong, jangan hanya datang begitu saja, dan perlu digarisbawahi, kalau saya bosan dengan janji-janji dari para investor yang akan berinvestasi di Katingan, namun tidak ada realisasinya,” tutup Zakarias. (Ys)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: