KP2KP Tingkatkan Kepatuhan WP

Kepala KP2KP Pulpis, Singgih Putro Prasetyo ketika ditemui wartawan di runga kerjanya.

Beritakalteng.com, PULANG PISAU- Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Pulpis terus berupaya meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak (WP), untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT).

Kepala KP2KP Pulpis Singgih Putro Prasetyo mengatakan, dalam rangka mengingatkan WP untuk melaporkan SPT, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi secara langsung maupun tidak langsung.

“Upaya untuk meningkatkan kepatuhan WP, kita telah melaksanakan sosialisasi secara langsung kepada pejabat bendahara keuangan, sedangkan tidak langsung melalui media spanduk yang telah kita pasang pada tempat-tempat umum, dan kantor Perbankan,” terang Singgih, rabu (20/2).

Selain itu, dalam mendongkrak kepatuhan WP juga menyiapkan program jemput bola. Program ini nantinya akan menyasar kantor-kantor SOPD dan instansi serta perusahaan untuk memberikan sosialisasi, bimbingan dan pendampingan terkait pelaporan SPT.

“KP2KP Pulang Pisau juga siap datang untuk membimbing dan membantu pegawai dinas, badan, instansi dan perusahaan tentang cara mengisi dan pelaporan SPT itu melalui program jemput bola,” kata Singgih.

Selain itu, lanjutnya, strategi jemput bola itu dinilai efektif meningkatkan kesadaran dan kepatuhan WP dalam melaporkan SPT, yaitu dengan menyiapkan pegawainya untuk mendampingi WP mengurus SPT.

“Harapan kita kedepan WP bisa sadar akan kewajiban melaporkan SPT, tidak perlu didatangi. Intinya WP butuh didekati. Yang punya NPWP wajib lapor setahun sekali. Kalau tidak lapor, kena denda Rp 100.000 untuk orang pribadi dan badan Rp 1 juta. NPWP melekat pada WP hingga meninggal,” ujarnya.(an)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: