Gubernur Kalteng Yakin Pilkada 2018 Berjalan Aman dan Damai

BeritaKalteng, Palangka Raya- Beberapa adegan simulasi yang diperagakan oleh personil gabungan, Polri TNI dan dibantu oleh unsur pemerintah daerah (pemda), yakni petugas Damkar dan Satpol PP, membuat para peserta yang hadir, terlebih lagi Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran beserta istri kagum sekaligus bangga, melihat rangkaian simulasi yang berlangsung di kawasan bundaran besar, Kota Palangka Raya, Rabu (14/02) pagi.

Selain itu, kegiatan tersebut juga disaksikan langsung oleh Kapolda Kalteng Brigjend Pol Drs Anang Revandoko beserta pejabat utama Polda Kalteng, Komandan Korem 102/Pjg Kolonel.Arm.H.M.Naudi Nurdika beserta jajarannya, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kalteng, serta ratusan masyarakat Kota Palangka.

Saat dibincangi Gubernur Kalteng H Sugianto mengapresiasi kegiatan simulasi yang dilakukan, oleh unsur Kepolisian dan TNI, dalam rangka latihan pemantapan, pengawalan dan pengamanan Pilkada 2018 di Kalteng. Dirinya meyakini, pelaksanaan Pilkada 2018 di Kalteng, dapat berjalan secara damai dan aman.

“Terlebih lagi, ketika melihat adanya sinergitas yang terbangun, antar unsur Polri dan TNI bersama-sama dengan pemda, dalam simulasi pengamanan Pilkada 2018 ini. Dengan adanya simulasi yang melibatkan unsur gabungan, maka saya berkeyakinan pelaksanaan Pilkada 2018, dapat berjalan secara damai dan aman,” kata H Sugianto Sabran, Rabu (14/02) pagi.

H Sugianto Sabran juga menuturkan, jangan coba-coba membuat huru hara dan kericuhan atau menodai proses, dari kelancaran Pilkada 2018. Sebab, dipastikan akan berhadapan dengan para penegak hukum, yakni aparat Kepolisian dan TNI.

Sementara itu, Kapolda Kalteng Brigjend Pol Drs Anang Revandoko, dirinya mengatakan atas petunjuk dari Gubernur Kalteng dan koordinasi yang baik, serta adanya kebersamaan antar unsur Korem 102/Pjg dan Kejaksaan, maka dipastikan pengawalan dan pengamanan Pilkada 2018 ini, dapat berjalan secara aman dan damai.

“Saya percaya, melalui kebersamaan antar pihak, maka kamtibmas pada saat Pilkada 2018, dapat tetap terjaga. Kami siap membantu KPU mengamankan pelaksanaan Pilkada di Kalteng,” kata Brigjend Pol Drs Anang Revandoko.

Hal senada disampaikan oleh Komandan Korem 102/Pjg, Kolonel Arm H Naudi Nurdika menyebutkan, sesuai dengan tugas dan garis komando, maka TNI dalam pengawalan dan pengaman Pilkada 2018, di Kalteng akan selalu siap membantu tugas Polri. Hal ini sesuai dengan UU No. 34 Tahun 2004 pasal 7 yang mengamanatkan operasi militer, selain perang adalah membantu Polri dalam rangka tugas keamanan dan ketetrtiban masyarakat.

“Jajaran Korem 102/Pjg sampai ke tingkat Kodim di 10 kabupaten 1 kota, dipastikan juga siap membantu tugas Polri di daerah, tempat berlangsung Pilkada 2018 di Kalteng,” ujar Kolonel Arm H Naudi Nurdika.

Sekedar informasi, simulasi latihan pemantapan pengawalan dan pengamanan Pilkada 2018, dilaksanakan juga di 10 kabupaten 1 kota se Kalteng, dimana tempat berlangsungnya Pilkada 2018. (dhy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: