Dialog Media Peringatan 78 Tahun Berdirinya SPS Digelar di Hotel Bersejarah

FOTO : Ketua Umum SPS Pusat Juniar P Ruswita dan Sekjen SPS Pusat, Asmono Wikan.

Beritakalteng.com, BANDUNG – Dialog Media refleksi 25 tahun pasca Perpres Publisher Rights dan peringatan Hari Jadi Serikat Perudahaan Pers (SPS) yang ke-78 tahun, digelar di hotel Savoy Homann, Bandung, Jawa Barat yang merupakan hotel bersejarah.

Hotel Savoy Homann ini merupakan sebuah hotel yang dibangun pada masa kolonial Belanda, yakni pada tahun 1880 dan merupakan tempat dilaksanakannya Konferensi Asia Afrika (KAA) pada tahun 1955.

Lokasi ini dipakai untuk jamuan makan para delegasi dan tempat menginap para tamu dari berbagai negara, seperti Ho Chi Minh (Presiden Republik Demokratik Vietnam), Norodom Shihanouk (Pangeran Kerajaan Kamboja), Jawahrlah Nehru (Perdana Menteri India), Soekarno (Presiden Republik Indonesia) dan Zhou En Lai (Perdana Menteri China).

Ketua Umum SPS, Januar P. Ruspita, dalam sambutannya mengapresiasi peran serta pengurus SPS di seluruh Indonesia dalam menjaga keberadaan media cetak.

“Terima kasih kepada teman-teman pengurus SPS yang hadir dalam HUT ke-78 tahun SPS,” ujarnya.

Januar menjelaskan, bahwa industri pers kini menghadapi disrupsi akibat perkembangan teknologi digital yang sangat cepat. Perubahan pola mencari dan mendistribusikan informasi, terutama di kalangan generasi milenial, Z, dan alfa, menjadikan media konvensional kurang relevan.

“Banyak perusahaan pers media konvensional yang tidak mampu menjawab perubahan zaman. Meski ada yang berhasil beradaptasi ke platform digital, industri ini kini tergantung pada dominasi platform tersebut,” tukasnya.

Dalam dialog tersebut, sejumlah narasumber dari berbagai bidang turut membahas tantangan yang dihadapi media, termasuk Sasmito dari Komite Pelaksana Perpres No. 32/2024, Ilona Juwita dari Indonesia Digital Association, serta Suhendro Boroma, CEO Jawa Pos Group. Hadir Rianto SH MH ( Ceo Media Sumut24 Group) yang juga Bendahara Umum Pengurus Pusat Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI).(Red/pers)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: