Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan di Kalteng Terus Dilakukan

 

PALANGKARAYA – Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) terus melakukan langkah-langkah strategis, diantaranya menggelar pasar murah di Kota Palangka Raya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalteng, Aster Bonawaty menyampaikan di bawah kepemimpinan Gubernur Sugianto Sabran terus, mengambil langkah-langkah dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat pada hari-hari besar keagamaan, seperti Hari Raya Idul Adha.

“Supaya kita tahu bahwa harga pangan sudah mulai naik, biasanya menjelang hari-hari besar keagamaan. Oleh karena itu, ini adalah salah satu bentuk kepedulian Gubernur Kalimantan Tengah, Bapak H. Sugianto Sabran, terhadap masyarakat seluruh Kalimantan Tengah,” katanya, di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng, Jumat (07/6/2024).

Meski kebetulan minggu ini di Palangka Raya ada tujuh titik yang menjadi fokus. Leading sektornya adalah Dinas Perdagangan, sementara kami dan dinas-dinas lainnya juga memberikan dukungan.

Masing-masing beberapa komoditas sudah mengalami kenaikan harga, seperti beras dan telur ayam, meskipun harga daging ayam masih stabil. pihaknya damengantisipasi hal ini dengan melakukan inspeksi lapangan dua hari sebelum Hari Raya di pasar tradisional dan pasar modern.

“Kemudian, kita juga melaksanakan kegiatan seperti pasar murah yang dinamakan Gerakan Pangan Murah. Kebetulan tadi pagi, kita menyelenggarakannya di kantor kita,” tuturnya.

Aster menjelaskan bahwa pasar murah tidak menyediakan dalam bentuk paket, tetapi dalam bentuk komoditas yang terpisah. Jadi, tersedia beras, minyak goreng, gula pasir, telur ayam, bawang merah, bawang putih, dan daging ayam.

“Nah penting kita ketahui itu semua disediakan dalam bentuk komoditas terpisah karena batasan paket yang selalu menyebabkan kekurangan bagi sebagian orang. Dengan cara ini, kita berharap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat secara lebih merata,” pungkasnya.(Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: