Kerjasama Tingkatkan Indeks Pembangunan Pemuda

PALANGKARAYA – Deputi Pemberdayaan Pemuda, Kemenpora RI, Y. Yustia Elita menyampaikan penyusunan peraturan gubernur dan bupati tentang penyelenggaraan pelayanan kepemudaan di tengah-tengah adalah langkah penting untuk menyusun rencana aksi daerah.

“Hal ini pentingnya program-program kepemudaan di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota yang harus dibuat dalam rencana aksi tersebut,” ucap Yustia usai Sosialisasi Penyusunan Rencana Aksi Daerah turunan dari Perpres 43 tahun 2022, Jumat (25/4/2024).

Lanjutnya mengatakan bahwa kolaborasi antara seluruh SKPD, baik provinsi maupun kabupaten/kota sangat penting untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pemuda di Kalimantan Tengah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kolaborasi antara semua pihak terlibat sangat diperlukan. Tidak lagi bisa dilakukan secara terpisah antara provinsi dan kabupaten/kota.

“Dengan bekerja sama, mereka dapat menyusun rencana aksi yang terintegrasi untuk meningkatkan indeks pembangunan pemuda,” jelasnya menambahkan.

Dirinya juga menuturkan bahwa cepat meningkatnya Indeks Pembangunan Pemuda (IP) berarti masalah-masalah yang berkaitan dengan pemuda dapat diatasi dengan lebih baik. Isu-isu yang ada dalam IP melibatkan 5 domain tersebut.

“Dengan adanya 15 indikator tersebut, penting bagi seluruh SKPD baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk bekerja sama secara kolaboratif,”

“Hal ini menentukan Pada hari pertama ini, kita berharap ada percepatan dalam prosesnya segera menyelesaikan masalah yang ada,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan ketika kabupaten dan kota telah menyusun rencana aksi untuk menyelesaikan isu-isu dalam 5 domain tersebut, itu akan mendukung Indeks Pembangunan Pemuda (IP) di tingkat provinsi.

Tanggung jawab orang tua terhadap pemuda sangatlah besar. Sebagai perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, pihaknya memiliki peran penting dalam memberikan pendampingan untuk penyusunan rencana aksi daerah di seluruh provinsi dan kabupaten/kota.(Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: