Pemilih Pemula Kalangan Pelajar Hampir 100 Persen Gunakan Hak Pilihnya

PALANGKARAYA – Sebanyak 95 persen dari 62 ribu lebih pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat se Kalimantan Tengah yang masuk diusia 17 sampai dengan 21 tahun menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), M. Reza Prabowo bahwa pencapaian partisipasi kalangan pelajar SMA/SMK/ SLB Se-Kalteng tersebut merupakan indikasi yang sangat positif terhadap kesadaran demokrasi bagi generasi muda.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak terutama kepada Kepala Sekolah, Guru dan Wali Kelas yang sudah mendukung. Partisipasi pemilih pemula bagi pelajar sesuai harapan, yakni hampir 100 persen ikut serta melakukan pencoblosan,” kata Reza, Rabu (14/2/2024)

Upaya sosialisasi dan Ikrar Peningkatan Partisipasi dalam Pemilu 2024 yang dilakukan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pendidikan Provinsi kepada seluruh sekolah SMA/SMK/SLB Se-Kalteng belum lama ini mencapai hasil yang diharapkan.

Adapun siswa yang tidak menggunakan hak pilihnya diketahui dari informasi yang didapat dimasing-masing sekolah, siswa bersangkutan berhalangan hadir karena sakit.

“Informasi yang saya terima tentunya keakuratannya sangat dapat dipertanggungjawabkan, mengingat kepala sekolah juga mendapat informasi dari masing-masing wali kelas,” bebernya menambahkan.

Keberhasilan yang diharapkan tersebut tentunya kata Reza lebih dalam lagi, tidak lepas dari dukungan dan kerjasama semua pihak.

Dalam hal ini Pemprov Kalteng, KPU Kalteng, Pihak Sekolah dan pastinya para siswa siswi yang sudah mensukseskan pemilu, dengan turut serta ikut berpartisipasi dalam menentukan Pemimpin Negara dan Wakil Rakyat.

Kunjungan pelajar ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) diharapkan dapat menjadi pelajaran sekaligus pengalaman berharga dalam memahami pentingnya demokrasi yang sehat.

Reza juga terus mendorong generasi muda semakin terlibat aktif dalam proses demokrasi di masa mendatang yang tidak lain generasi yang menjadi penerus kepemimpinan selanjutnya.

“Saya kira ini merupakan hal yang positif. Selain itu, giat cek DPT online dan ikrar pelajar yang kita lakukan kemarin itu merupakan terobosan,”

“karena pertama kali di Kalteng, dan semoga kedepannya hal-hal seperti ini terus dilakukan serta ditingkatkan, dalam hal ini dari segi kapasitas bisa lebih banyak lagi,” tutupnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: