Kuwu Meminta Dukungan Anggaran Keagamaan Hindu Kaharingan

PALANGKARAYA – Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah, Kuwu Senilawati meminta dukungan anggaran dari Pemda untuk pelaksanaan kegiatan keagamaan umat Hindu Kaharingan, yakni tiwah massal.

Ia menegaskan bahwa pelaksanaan kegiatan keagamaan tersebut membutuhkan anggaran yang signifikan. Oleh karena itu, dukungan anggaran dari pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota di tempat pelaksanaan menjadi sangat penting.

“Upacara tiwah massal memang merupakan bentuk penghormatan kepada keluarga yang telah meninggal dunia. Karena besarnya biaya yang dibutuhkan dalam proses kegiatan tersebut, bantuan dukungan anggaran menjadi sangat penting untuk menjamin kelancaran pelaksanaannya,” ucapnya, Senin (05/02/2024).

Srikandi Partai Gerindra ini menegaskan dukungannya terhadap upacara tiwah massal di Kalteng, menganggapnya sebagai bentuk penghormatan terhadap keluarga yang meninggal dan sebagai bagian penting dari budaya yang kental di wilayah tersebut.

Lanjut Ia menegaskan bahwa besarnya biaya upacara tiwah disebabkan oleh durasi yang lama dan sejumlah rangkaian kegiatan yang harus dipenuhi dalam prosesnya.

“Memang biaya upacara tiwah ditanggung oleh pihak keluarga, namun memberikan dukungan anggaran dari pemerintah dianggap sebagai langkah yang tepat untuk membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan keagamaan ini,” Katanya.

Saya menjelaskan bahwa secara pribadi dan sebagai anggota dewan, dia berkomitmen secara pribadi untuk terus membantu dan memperjuangkan dana bantuan bagi pelaksanaan tiwah massal. Harapannya adalah agar bantuan dari pemerintah kedepannya terus dianggarkan bahkan ditingkatkan.

“Dengan ini kami di DPRD Kalteng terus berupaya memperjuangkan bantuan dana bagi masyarakat yang melaksanakan tiwah massal di beberapa tempat di wilayah Kalteng,” tutupnya.(Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: