Penduduk Kabupaten Barito Timur Bertambah 115.508 Orang Sepanjang 2023

Foto : Kepala Disdukcapil Kabupaten Barito Timur, H. Muslim Raharjo.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Jumlah penduduk Kabupaten Barito Timur, bertambah 115.508 orang sepanjang 2023, meskipun ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah pindah dan mulai dibangun secara masif.

“Selama satu tahun tercatat pertambahan penduduk sekitar 115.508 orang seluruh Bartim,” jelas Kadis Dukcapil, H. Muslim Raharjo, Selasa (9/1/2024).

Pertumbuhan penduduk yang tercatat tersebut, lanjut dia, sebagian besar disumbang oleh para pendatang yang pindah menjadi warga Kabupaten Barito Timur.

“2024 diperkirakan kalau kita sesuai data dengan biodata yang ada itu bertambah, hampir 200 orang bertambah,” kata Muslim Raharjo.

Rata-rata warga pendatang yang pindah menjadi penduduk Kabupaten Barito Timur didominasi untuk mencari kerja dan pindah tempat kerja atau pindah tugas maupun ikut keluarga yang sudah lama menetap di daerah setempat.

“Karena sisanya untuk pelaporan kematian ngk pernah dilaporkan ini yang menjadi masalah kita, kita sudah datang ke desa-desa mencari,” jelasnya.

Tercatat lebih banyak pembuat kartu Tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) baru dari pada laporan kelahiran, kata dia menunjukkan bahwa pertambahan penduduk karena migrasi dari daerah lain.

“Mudah-mudahan untuk ke depan aktif lah antara kami dengan desa itu, keterikatan dua sinkron harus lebih koordinasi lebih bagus lagi. Kami memang rencana untuk tahun ini full Dukcapil mendatangi ke tiap Kecamatan,” kata Muslim.

Diakuinya, adanya peningkatan permintaan pengurusan dokumen kependudukan di Disdukcapil pasca tahun baru, yang menandakan adanya arus transmigrasi yang signifikan di Kabupaten Barito Timur.

“Ya, kita tapi memang selalu bertambah penduduk kita ini, yang pertama kelahiran, kedua, dengan tambahnya penduduk dari luar yang datang ke tempat kita, yang dari perusahaan. Jadi dampaknya pasti bertambah penduduk kita,” demikian. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: