Gencar Berikan Masker Selama Kabut Asap

PALANGKARAYA – Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Hj. Mukarramah meminta pemerintah kota setempat melalui instansi terkaitnya untuk gencar memberikan masker kepada masyarakat

Namun demikian kata dia seiring itu, perlu upaya untuk mengantisipasi kemungkinan kelangkaan masker selama kabut asap terjadu

“Pemko harus segera memastikan ketersediaan masker dalam jumlah yang cukup untuk masyarakat. Terutama anak-anak dan lansia yang rentan terhadap dampak buruk dari kabut asap,”katanya, Jumat, (6/10/2023).

Menurutnya, memberikan masker harus disertai edukasi mengenai cara yang benar dalam memakai masker. “Penting bagi warga untuk tahu cara memakai masker dengan benar, agar efektif dalam melindungi diri dari polusi udara yang berbahaya,”ujarnya menambahkan.

Tak bisa dipungkiri lanjut Mukarramah, kabut asap di Kalimantan Tengah selalu terjadi pada musim kemarau, dimana akibat banyaknya terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Akibatnya, dampaknya sangat merugikan kesehatan serta aktivitas masyarakat sehari-hari.

Oleh sebab itu DPRD Palangka Raya berharap pemko dapat bersiap lebih, guna melindungi kesehatan warganya. “Intinya, stok masker jangan sampai kosong seperti pengalaman dulu saat terjadi Covid-19. Jadi harus diantisipasi mulai sekarang,”tukasnya.

Mukarramah menambahkan, kondisi udara di Kota Palangka Raya saat ini sudah sangat buruk. Bahkan berdasarkan indeks standar pencemaran udara (ISPU) sudah masuk pada level berbahaya, sehingga perlu upaya masif dalam mencegah dampak buruknya.(ap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: