Hadapi Pemilu, KPU Kalteng Bersama Forkopimda Gelar Coffee Morning

Foto : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalteng bersama Forkopimda Provinsi Kalteng serta stakeholder terkait mengikuti kegiatan Coffee Morning, yang digelar di kantor KPU Provinsi Kalteng, Jumat (25/8/2023). Foto Anggelia.

BERITAKALTENG. com – Palangka Raya- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalteng bersama Forkopimda Provinsi Kalteng serta stakeholder terkait mengikuti kegiatan Coffee Morning, yang digelar di kantor KPU Provinsi Kalteng, Jumat (25/8/2023).

Dalam kesempatan itu Ketua KPU Kalteng Sastriadi menyampaikan, saat ini telah ditetapkan 18 partai politik (Parpol) yang akan menjadi peserta pemilu.

Berikutnya pemutakhiran data pemilih juga sudah dilaksanakan dan sudah ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yaitu berjumlah 1.935.116 Pemilih yang tersebar di 14 kabupaten/kota di 136 kecamatan, 1571 desa dan kelurahan tersebar di 7830 TPS di seluruh Provinsi Kalimantan Tengah.

Disebutkan, dalam Pemilu 2024 di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, akan ada 440 kursi yang akan diperebutkan. Terdiri dari DPR RI 6 kursi, DPRD Provinsi 45 Klkursi, dan 385 kursi DPRD kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah.

Disampaikan Sastriadi, KPU Kalteng bersama dengan Pemerintah Provinsi Kalteng juga telah selesai melaksanakan pembahasan anggaran untuk kebutuhan pemilu. Paling lambat Oktober sudah dilaksanakan penandatanganan NPHD penyelenggaraan pemilu.

“Di Provinsi Kalteng tercatat 12 kabupaten telah selesai melakukan pembahasan anggaran untuk kebutuhan pemilu. Namun ada 2 kabupaten yang sampai saat ini masih belum rampung terkait pembahasan anggaran ini, yaitu Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau diakibatkan masih kurangnya anggaran yang tersedia,” ungkapnya

Sementara itu Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalteng, Kaspinor yang hadir mewakili Sekda Provinsi Kalteng mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalteng pada prinsipnya sangat bersyukur bahwa tahapan-tahapan proses untuk persiapan Pemilu 2024 sudah dilaporkan secara rinci dan baik.

“Terkait anggaran yang berkaitan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, sudah final dibahas dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah tinggal menunggu proses selanjutnya. Kemudian untuk Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau yang sampat saat ini belum selesai maka perlu segera dikomunikasikan antara pihak KPU dengan Sekda Kalteng sebagai Ketua TAPD Kalteng mengenai kendala yang dihadapi untuk bisa segera diselesaikan,”bebernya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng Muhamad Katma F. Dirun menyampaikan, dalam proses penyusunan anggaran yang menyangkut pemilu ini banyak persoalan-persoalan yang notabene sebagai akibat dari keterbatasan anggaran pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota yang ada.

“Guna menyelesaikan masalah tersebut kita perlu melakukan perhitungan kembali terhadap rincian kegiatan yang disusun dan melakukan simulasi mengenai tingkat kenaikan harga yang mungkin terjadi di periode waktu mendatang, sehingga dapat segera finalisasi anggaran kebutuhan Pemilu 2024,” ujarnya.

“Kami dari Badan Kesbangpol Prov. Kalteng bersama KPU telah melakukan komunikasi agar secara bersama-sama melaporkan kendala terkait anggaran ini kepada Ketua TAPD Prov. Kalteng, sehingga dapat dibahas bersama demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang,”tambahnya.

Adapun kegiatan coffee morning itu turut dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Kalteng, Kepala BKAD Provinsi Kalteng, Biro Pemerintahan dan Otda Setda Provinsi Kalteng, Badan Kesbangpol Kabupaten Kapuas, Badan Kesbangpol Kabupaten Pulang Pisau, serta jajaran KPU Provinsi Kalteng. (Anggelia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: