FOTO : Bupati Katingan Sakariyas, saat pimpin upacara pengukuhan dan penutupan Diklat Paskibraka, di Gedung Salawah Kota Kasongan.

Paskibraka Sebagai Generasi Muda Terutama Nasib Bangsa Dan Negara

BERITAKALTENG.com – KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, pimpin pelaksanaan upacara pengukuhan dan penutupan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 tingkat Kabupaten Katingan, di Gedung Salawah Kota Kasongan, Selasa 15 Agustus 2023.

Adapun anggota Paskibraka Kabupaten Katingan adalah pemuda-pemudi yang terpilih dari satuan pendidikan setingkat SMA/SMK/MA atau Sederajat dari 13 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Katingan. Mereka mendapatkan kehormatan dan kepercayaan tinggi dari Pemerintah Kabupaten Katingan untuk mengemban tugas sebagai pasukan pengibar Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2023.

Bupati Katingan Sakariyas, mengatakan peserta Paskibraka sebagai generasi muda terutama nasib bangsa dan negara pada masa yang akan datang. Sehingga untuk menjadi bangsa yang maju, bermartabat dan sejahtera generasi muda harus berkarya, bekerja keras, berintegritas dan berdedikasi yang tinggi.

“Persiapkanlah diri kalian mulai sekarang dengan sebaik-baiknya sebagai mana yang terkandung dalam ikrar yang adik-adik ucapkan. Saya menggaris bawahi bahwa persatuan, toleransi, kebersamaan, kerukunan dan kekompakan diantara sesama warga negara, harus kita jaga dan ditingkatkan,” jelas Bupati Sakariyas.

Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini mengingatkan bahwa persatuan, toleransi, kebersamaan, kerukunan dan kekompakan adalah pilar-pilar kebangsaan, kekuatan, dan pilar-pilar kehidupan yang harus selalu kokoh. Diantaranya, kita harus mandiri dan kerja keras, agar negara tidak selalu tergantung kepada negara lain dan kita dapat dan mampu bersaing baik dari bidang ekonomi, politik, pertahanan keamanan dan bidang-bidang yang lain.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada tim penyelenggara dan tim pelatih yang telah bekerja keras mempersiapkan dan melaksanakan semua kegiatan. Kemudian saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan sehingga pelaksanaan diklat paskibraka tingkat kabupaten katingan tahun 2023 ini dapat berjalan dengan lancar,”ucapnya.

Acara pengukuhan Paskibraka ini adalah akhir dari kegiatan Diklat Paskibraka tingkat Kabupaten Katingan tahun 2023 yang dimulai dari persiapan, seleksi dan penetapan peserta sampai dengan pelatihan. Baik itu pelatihan baris berbaris/PBB, maupun teori dan pengetahuan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan selama 12 hari berturut-turut mulai  tanggal 06-17 Agustus 2023 di Kota kasongan. (AS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: