Foto : Wagub Kalteng H. Edy Pratowo saat menyampaikan sambutan pada upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023.

Pramuka Semakin Berdaya Guna dan Berhasil Guna

Foto : Wagub Kalteng H. Edy Pratowo saat menyampaikan sambutan pada upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023.

BERITAKALTENG.Com – Palangka Raya – Upacara peringatan Hari Pramuka bertingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023, dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Kalteng. Upacara dipimpin Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalteng.

Dalam amanatnya Edy Pratowo menyampaikan bahwa saat ini gerakan Pramuka terus mengalami perkembangan dan kemajuan. Selain itu, gerakan Pramuka juga terlibat dalam pendidikan non formal yang berfokus pada pembentukan karakter peserta didik.

“Sumber daya manusia, terutama para pembina Pramuka dan pelatih pembina Pramuka, masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penting untuk terus meningkatkan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina Pramuka,” kata Edy. Senin (14/8/2023)

Lebih lanjut Wakil Gubernur menyampaikan, Kwartir Nasional gerakan Pramuka telah memberikan perhatian yang serius terhadap peningkatan kualitas gugus depan Pramuka di seluruh wilayah.

Ia menegaskan pentingnya upaya untuk meningkatkan kualitas gugus depan di semua tingkatan, dan berharap agar semua kwartir, baik di tingkat nasional maupun lokal, dapat berkontribusi dalam membantu peningkatan kualitas gugus depan di wilayah masing-masing.

Edy menambahkan, bahwa Kwartir Daerah harus memperluas fokus perhatian mereka tidak hanya pada pemilihan Ketua Dewan Kerja Nasional (DKN) dan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas), tetapi juga dalam membahas rencana strategis, rencana kerja, dan program kerja gerakan Pramuka untuk periode lima tahun mendatang.

“Pemilihan Ketua Dewan Kerja Nasional (DKN) dan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) dalam gerakan Pramuka sebaiknya tidak dijadikan ajang seperti pemilihan dalam konteks politik praktis. Sebaliknya, penting untuk mengutamakan nilai-nilai persahabatan dan persaudaraan sesuai dengan kode kehormatan Pramuka, yaitu Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,” imbuhnya.

Dijelaskan wagub, saat ini Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sedang berusaha untuk memperbaiki Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang gerakan Pramuka. Upaya ini bertujuan untuk memastikan bahwa regulasi yang mengatur gerakan Pramuka sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan saat ini. Tentu harapan kita agar melalui perbaikan Undang-undang tersebut dan pengembangan teknologi dan informasi akan dapat menjadikan gerakan Pramuka semakin berdaya guna dan berhasil guna.

Ditambahkan Edy, bahwa gerakan Pramuka sudah tidak lagi dalam tahap awal dan diharapkan tetap berperan sebagai agen pembentukan karakter bagi generasi muda. Karena itu imbuh dia, pentingnya terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap Undang-undang kepramukaan sejalan dengan perkembangan dan kemajuan zaman. (Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: