Ini Pentingnya Literasi Bagi Generasi Muda

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Literasi bagi generasi muda sangat penting untuk mewujudkan generasi yang produktif dan memiliki jiwa positif serta dapat berguna bagi masyarakat khususnya membantu pembangunan di daerah masing-masing.

“Bila dilihat secara sederhana, literasi adalah kemampuan untuk membaca serta menulis. Membaca bisa diartikan sebagai sebuah proses menerjemahkan lambang bahasa sampai diproses menjadi sebuah pengertian. Dengan perkembangannya, pemaknaan terhadap kemampuan literasi menjadi semakin luas,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Irfansyah, Senin 13 Maret 2023.

Lanjutnya, sebagai sebuah hal baik, tentu saja kegiatan literasi ini memiliki tujuan, yakni dengan melakukannya, tingkat pemahaman seseorang untuk mengambil kesimpulan serta informasi yang diterima akan menjadi semakin baik.

“Serta dapat membantu orang berpikir dengan lebih kritis, tidak cepat bereaksi (impulsif), membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan membaca dan membantu menumbuhkan dan mengembangkan nilai budi pekerti seseorang,” ucapnya.

Dengan adanya kebiasaan baik ini ujarnya, dapat membentuk generasi yang cerdas, kreatif, inspiratif, dan inovatif. Bahkan dapat memberi kemampuan pada SDM yang bisa membangun prestasi bangsa.

“Generasi muda diharapkan mempunyai inovasi dan kreativitas yang tinggi, sehingga dapat membangun kehidupan bangsa serta negara lebih maju,” pungkasnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: