FOTO :

Pengunaan DD dan ADD Harus Sesuai Aturan

FOTO : Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotim  M Abadi

BERITAKALTENG.COM, SAMPIT – Dengan hasil yang bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat  desa, baik untuk peningkatan infrastruktur pembangunan, peningkatan daya beli masyarakat  dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Kalangan DPRD Kabupaten Kotwaringin Timur (Kotim) mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa (Kades)  di wilayah itu. Hal ini berkaitan  dengan penggunaan Dana Desa  (DD) dan Anggaran Dana Desa  (ADD) agar dapat digunakan dengan baik dan tepat sasaran sesuai  dengan aturan dan regulasi yang  telah ditetapkan.

“agar realisasi dana  tersebut memperoleh hasil yang  maksimal, tepat guna, tepat sasaran,  tepat manfaat dan sesuai perun-  tukannya, sehingga dapat dinikmati  dan membawa manfaat yang besar  bagi seluruh masyarakat desa yang  ada di Kabupaten Kotim,” kata Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotim  M Abadi, Rabu (24/8/2022).

Menurutnya Ada beberapa hal yang harus ditekankan yakni kades dan perangkatnya harus berkiblat pada perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pertanggung jawaban  atau sistem pelaporan.

Apabila dapat menerapkan  pola seperti tersebut tentunya  masyarakat akan bisa ikut serta  membangun desanya masing  masing, sehingga dana tersebut  benar bisa dirasakan oleh masyar-  akat secara merata.  tambah.

Abadi  yang merupakan Ketua Badan  Kehormatan sekaligus Ketua Fraksi  Partai Kebangkitan Bangsa DPRD  Kabupaten Kotim berharap kepada  dinas terkait agar terus melakukan pemantauan secara langsung  untuk melihat sejauh mana penyaluran DD maupun ADD dan juga  pemanfaatannya agar tidak men-  yalahi aturan yang berlaku.

Sama  halnya dengan pengajuan usul  program atau kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat, sehingga  menjadi tugas dinas terkait untuk  memverifikasi dan mencermatinya  apakah usulan itu masuk akal atau  tidak, sebab akibat ketidaktahuan  masyarakat dapat menjadikan  setiap usulan berkesan asal-asalan  dan bisa bermasalah dengan hukum.(rik)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: