FOTO : Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Abdul Kadir.

Sektor Perkebunan Dikotim Perlu Mendapat Perhatian

FOTO : Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Abdul Kadir.

BERITAKALTENG.COM, SAMPIT – Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Abdul Kadir mendorong pemerintah daerah memperhatikan usaha di sektor perkebunan kepala sawit.

Karena saat ini sawit sudah menjadi salah satu sumber pendapatan.  Bahkan di era pemerintahan H.Halikinnor ini diharapkan bisa memanfaatkan potensi itu untuk mendongkrak keuangan daerah.

“Salah satu usaha yang sangat besar dampaknya yaitu pembuatan pabrik kelapa sawit (PKS). Dengan adanya pabrik itu bisa menampung buah hasil milik masyarakat dengan begitu pemerintah bisa mendapatkan untung menjadi pendapatan, sementara masyarakat bisa sejahtera,“ kata Kadir.

Saat ini hasil perkebunan milik masyarakat cenderung dijual ke pabrik milik investor. Permainan harga sangat rentan terjadi.

Namun dengan adanya PKS milik pemerintabh, maka bisa terjamin harga yang menguntungkan masyarakat.

“Selama ini kita berkutat urusan kecil untuk mendongkrak PAD Kotim, coba lakukan terobosan dengan pembangunan pabrik kelapa sawit, usaha milik pemerintah, dan pemerintah juga yang berikan izin,“ tandasnya.

Saat ini sejumlah pabrik non kebun mulai berdiri. Meski dalam syarat minimal harus  memiliki cadangan buah yakni sekitar 20 persen dari kapasitas pabrik.(tbk)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: