FOTO : Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yuniarto

Dewan Kota Ingatkan Semua Pihak Tetap Waspada Ancaman Karhutla

FOTO : Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yuniarto

Beritakalteng.com, Palangka Raya – Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto mengingatkan semua pihak untuk tetap waspada terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Menurutnya, meski belakangan terakhir ini wilayah Palangka Raya masih turun hujan, namun tingkat kerawanan Karhutla tidak bisa dikesampingkan.

“Berkaca yang terjadi di sejumlah wilayah Kalteng, dalam beberapa pekan terakhir, dimana terdapat beberapa titik api dihamparan lahan. Untungnya bisa dikendalikan dengan cepat oleh para petugas dan masyarakat,” kata Sigit, Minggu (14/8/2022).

Maka dari itu ujar legislator senior dari PDI Perjuangan ini, masyarakat jangan lengah dan tetap waspada. Meskipun sering hujan, namun tingkat kerawanan Karhutla masih tetap ada. Begitupun pemerintah kata dia, hendaknya tetap mempersiapkan dengan matang penanganan karhutla.

“Tak kalah penting, koordinasi semua pihak harus intens dan dimaksimalkan. Jika mendapat informasi karhutla harus segera dilaporkan dan ditindak lanjuti, sehingga api tidak membesar dan merambat kedaerah lainnya,”ujarnya.

Tidak hanya itu, Ketua Asosiasi Dewan Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) ini meminta, agar pemerintah dapat menggencarkan sosialisasi tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan kepada masyarakat. Baik itu untuk kepentingan bercocok tanam ataupun keperluan lainnya.

“Karena, jika kedapatan, siapapun yang melakukan pembakaran hutan ataupun lahan hingga berakibat merugikan orang lain, akan diberi sanksi dan tindakan tegas,”ujarnya.

Selebihnya, Sigit berharap masyarakat dapat bekerjasama dengan pemerintah dalam menangani karhutla. Sehingga ancaman karhutla dapat diminimalisir. Tak halah penting, masyarakat harus menanamkan kesadaran agar tidak melakukan pembakaran lahan maupun hutan.(ae)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: