FOTO : anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Rizki Amelia Darwan Ali.

Setiap Tahun Hewan Peliharaan Wajib Divaksinasi Secara Rutin

FOTO : anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Rizki Amelia Darwan Ali.

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) mengingatkan masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, perlu melaksanakan vaksinasi secara rutin setiap setahun sekali.

Seperti yang disampaikan oleh Anggota DPRD Kalteng dari Fraksi Gabungan P4H, Rizky Amalia Darwan Ali bahwa Ada penyakit yang hanya menular ke sesama hewan, ada juga yang bisa menular ke manusia.

“Oleh karena itu, saya mengimbau agar masyarakat bisa memberikan vaksin secara rutin kepada hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, mengingat 2 hewan tersebut paling banyak dipelihara masyarakat,” Kata Rizky, Kamis (19/5/2022).

Dirinya juga mengingatkan agar masyarakat selalu waspada terhadap penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan, mengingat tidak menutup kemungkinan hewan peliharaan juga bisa tertular apabila kontak langsung dengan hewan yang sudah terinfeksi.

“Pada umumnya, penyakit yang biasa menulari hewan peliharaan adalah Rabies, Scabies, Jamur dan parasit seperti cacing dan kutu. Namun tidak menutup kemungkinan hewan peliharaan juga bisa tertular PMK apabila menjalin kontak langsung dan saya mengimbau agar masyarakat tetap waspada,” ujar Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan II Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan ini.

Vaksinasi menjadi salah satu upaya dalam pencegahan virus bagi hewan peliharaan, pasalnya Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing cukup rentan terhadap serangan virus, bahkan mampu menyebapkan kematian.

“Apabila kita memelihara hewan, artinya kita juga berkomitmen sekaligus bertanggung jawab atas hidup hewan tersebut. Sehingga wajib bagi masyarakat yang memelihara hewan untuk melakukan pemeriksaan serta memberikan vaksinasi secara rutin. Apalagi hewan tersebut merupakan hewan kesayangan,” pungkas Anggota Komisi IV DPRD Kalteng yang membidangi Pembangunan dan Infrastruktur ini.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: