Segera Jadwalkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer

FOTO : Ilustrasi penginputan Dapodik.

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Dinas Pendidikan (Disdik) Kotawaringin Timur akan melaksanakan pemantauan dan pengawasan pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK).

Kepala Bidang (Kabid) pembinaan SMP Disdik Kotim, M. Irfansyah mengatakan, kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

“Kemarin kami sudah melakukan pemantauan gladi, kegiatannya akan dilaksanakan pada Oktober 2021 mendatang,” kata Irfansyah, Rabu 15 September 2021.

Diketahui bahwa jadwal ANBK untuk SMP tahap I pada 4-5 Oktober 2021, dan tahap II pada 6-7 Oktober 2021. Sedangkan untuk tingkat SD tahap I pada 8-11 Oktober 2021 dan tahap II pada 15-17 Oktober 2021.

“Pelaksanaan ANBK terdiri dari asesmen komptensi minimun (AKM), survei karakter dan survei lingkungan belajar,” jelasnya.

AKM terbagi menjadi literasi dan numerasi, yang mana pelaksanaan hari pertama tes terdiri dari literasi dan survei karakter, sedangkan pelaksanaan hari kedua tes terdiri dari numerasi dan survei lingkungan belajar.

“Peserta ANBK untuk jenjang SMP adalah kelas 8 sebanyak 40 orang dan 5 orang cadangan, sementara peserta ANBK untuk jenjang SD adalah kelas 5 sebanyak 30 orang dan 5 orang cadangan,” tandasnya. (arl/aga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: