FOTO: Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, H. Purman Jaya.

Dewan Kalteng Mendapat Aspirasi Soal Pengelolaan SMA dan SMK

FOTO : Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, H. Purman Jaya.

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Adanya kebijakan peralihan pengelolaan SMA dan SMK dari pemerintah kabupaten/kota ke pemerintah provinsi tahun 2017 lalu mendapat perhatian dari sejumlah kalangan DPRD Kalteng

Seperti yang disampaikan oleh Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Purman Jaya mengatakan, Dinas Pendidikan provinsi harus lebih fokus melakukan pembinaan SMA/SMK di kabupaten/kota.

“Keluhan peralihan pengelolaan tanggung jawab SMA/SMK masih banyak minusnya yang diterima DPRD Kalteng,” kata Purman, Selasa (7/9/2021)

perhatian terhadap persoalan tersebut berangkat dari adanya keluhan soal pengelolaan SMA/SMK, kerab disampaikan dalam diskusi bersama guru saat reses di beberapa kabupaten di wilayah DAS Barito.

“Pihak sekolah di Kabupaten Barito Utara meminta agar SMA/SMK di kabupaten setempat diperhatikan oleh Dinas Pendidikan provinsi,” katanya menambahkan.

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD kalteng ini juga mengatakan, sejak peralihan pengelolaan sekolah ke provinsi, maka secara otomatis dalam APBD pemkab anggaran untuk SMA/SMK tidak ada lagi. Sehingga sekolah kesulitan memenuhi keperluan mereka.

Dicontohkan Purman, perbaikan bangunan ruang SMA 2 Murung Raya, pembuatan pagar dan paving halaman sekolah hingga saat ini masih terbengkalai.

Selanjutnya, permohonan bantuan alat musik drum band dan lanjutan pembangunan Mushola SMA 2 yang baru fondasi juga masih terbentur dana.

Termasuk, ucap dia, dana tambahan selain BOS untuk SMA 1 Mampuak, usulan perumahan guru sebanyak 3 unit dan penambahan tunjangan. Kemudian, penambahan guru mata pelajaran SMA 1 Teweh Timur dan usulan pengadaan komputer.

“Tiga SMA yang kami datangi itu semua meminta agar Dinas Pendidikan provinsi memperhatikan kesulitan mereka sejak peralihan kewenangan pengelolaan dari kabupaten ke provinsi,” tutupnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: