Terus Susul Kapuas, Hari Ini Pasien Covid-19 Barsel Tambah 31 Orang

Foto : GTPPC-19 Barsel kembali laporkan ada penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 31 orang.

Beritakalteng.com, BUNTOK –
Dengan adanya penambahan jumlah terkonfirmasi positif virus Korona (Covid-19) sebanyak 31 orang pada Jumat (7/8/2020), saat ini jumlah pasien positif Sars Cov 2 di Kabupaten Barito Selatan total menjadi 163 orang, berada di posisi keempat terbanyak se-Kalimantan Tengah.

Jumlah tersebut hanya terpaut 92 orang dengan konfirmasi pasien positif Covid-19 Kabupaten Kapuas yang berada di posisi ketiga terbanyak se-Kalteng, yakni dengan jumlah pasien sebanyak 255 orang.

Sebagaimana disampaikan oleh juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Barsel dr. Djulita Kurniadia Palar kepada awak media, Jumat (7/8/2020), penambahan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu, merupakan hasil pemeriksaan swab selama periode 29 Juli sampai dengan 4 Agustus 2020.

Dari total pasien sebanyak 31 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 19 orang perempuan itu, semuanya berasal dari Kecamatan Dusun Selatan (Dusel).

“Iya, ketambahan 31 pasien. Pasien baru berasal dari Kec. Dusel, hasil ini dari pengambilan sampel swab dari tgl 29 Juli s/d 4 Agustus 2020,” rincinya.

Diakui oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Barsel itu lagi, kenaikan yang cukup signifikan tersebut, dikarenakan semakin aktifnya pihaknya melakukan tes dan tracking kontak kepada orang-orang yang diketahui berisiko tinggi terpapar dan mereka yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien-pasien terkonfirmasi positif sebelumnya.

“Naik signifikan karena Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tetap fokus pada upaya pencegahan melalui tim kesehatan dengan melakukan testing dan tracking secara aktif kepada orang-orang yg beresiko terpapar dan yang memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi sebelumnya,” terang Djul.

Lanjut Djul, selain melakukan upaya pencegahan dengan melakukan tes dan tracking kontak, GTPPC-19 Barsel saat ini juga terus berupaya melakukan memutus mata rantai penyebaran melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, betapa pentingnya selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Selanjutnya Gugus tugas percepatan penanganan selalu mengedukasi masyarakat supaya menjalankan protokol kesehatan di manapun dan kapanpun selalu pakai masker, cuci tangan pakai sabun setiap kali memegang sesuatu, jaga jarak dan tingkatkan imunitas tubuh,” sebutnya.

Pada Rabu (5/8/2020) lalu, sebanyak delapan orang pasien dinyatakan sembuh, sehingga total pasien sembuh Covid-19 asal Barsel saat ini terakumulasi sebanyak 81 orang, sementara itu yang masih dalam perawatan sebanyak 77 pasien dan meninggal dunia 4 orang.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: