Menggerakan Ekonomi Lokal di Tengah Pandemi Covid-19

FOTO : Bupati Bartim, Ampera AY Mebas Ketika diwawancara awak media

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG – Bupati Barito Timur Ampera A.Y Mebas mengatakan, sangat perlu upaya pembangunan yang luar biasa dan mendesak di era pandemi Covid-19 ini. Diantaranya, menggerakkan ekonomi lokal dengan keterlibatan masyarakat Barito Timur langsung.

“Agar tujuanya tidak lain sebagai langkah memenuhi kebutuhan dasar atau pokok saat mewabah pandemi Covid-19,” ucap bupati, Jumat (17/7/2020).

Begitu dikatakan, Bupati Barito Timur Ampera A.Y Mebas pemerintah daerah memiliki strategi untuk menciptakan ketahanan pangan yaitu pemenuhan kebutuhan pokok tanpa mengandalkan kabupaten tentangga. Untuk Kabupaten Barito Timur, ujar bupati, merupakan penghasil sekaligus pengolah gabah nomor empat di Kalimantan Tengah ini.

Selain itu juga, ditambahkan bupati, mengembangkan perkebunan jagung sebaai suplai kebutuhan pakan ternak. Oleh karena itu Pemerintah berkerja sama dengan kementrian mengembangkan food estate yang merupakan konsep pengembangan produksi pangan nasional dengan menyediakan lahan pertanian jagung dan singkong, kata Ampera A.Y Mebas.

“Untuk pembinaan masyarakat dalam pengembangan tanaman sayur dan buah sekaligus perikanan yang memiliki masa panen singkat dengan pemanfaatan perkarangan,” ujar bupati.

Seterusnya, budi daya ayam petelur. Dimana kali ini erat kaitannya dalam kebutuhan pakan ternak. Pemeliharaan dengan waktu singkat dan memenuhi kebutuhan pakan dipasok dari daerah melalui pengembangan jagung tadi sehingga berdampak pada ketersediaan dan harganya mulai terjangkau, pungkasnya.(ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: