Momentum Kebangkitan Nasional, Direktur PPs UPR Gelorakan Gerakan Solidaritas

FOTO : Direktur Program Pascasarjana (PPs) UPR, Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang MP, saat menyerahkan bantuan secara simbolik kepada perwakilan tekon dan ASN, Kasubag TU Inrudiati, Rabu (20/5/2020).

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA –  Tanggal 20 Mei pada tiap tahunnya, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Semangat juang perkumpulan Budi Oetomo, patut menjadi inspirasi, untuk bangkit dari keterpurukan di tengah adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang sedang mewabah di Indonesia, terutama di muka Bumi Tambun Bungai ini khususnya kota Palangka Raya.

Momentum Harkitnas tahun 2020 ini, dipastikan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena, tidak ada kegiatan yang bersifat tatap muka ataupun kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, sehingga berpotensi menimbulkan sebuah kerumunan.

Namun, momentum Harkitnas tahun 2020 ini, di tengah adanya pandemi COVID-19, lebih baik diisi dengan berbagai aksi sosial  yang bersifat menumbuhkan rasa kepedulian, gotong royong dan gerakan solidaritas, yakni saling berbagi kepada sesama, terutama kepada beberapa pihak yang merasakan dampak pandemi COVID-19.

Hal tersebut, seperti yang dilakukan oleh Direktur Program Pascasarjana Universitas Palalangka Raya (PPs UPR), ibu Prof Dr Ir Yetrie Ludang, MP yang melakukan gerakan solidaritas spontanitas, dengan membagikan paket bantuan sembako secara gratis, berupa mie instan, khususnya bagi lingkungan sendiri untuk 42 orang tenaga kontrak (Tekon) dan ASN di lingkungan PPs UPR.

Menurut Prof Dr Ir Yetrie Ludang, MP pada momentum peringatan Harkitnas tahun 2020 di tengah pandemi COVID-19 ini, menjadi ajang untuk lebih menunjukkan sikap saling peduli kepada sesama.

“Peringatan Harkitnas di tengah pandemi COVID-19, alangkah lebih baiknya diisi dengan gerakan solidaritas, ketimbang harus menggelar sebuah kegiatan seminar yang sering dilakukan sebelumnya, atau kegiatan menyanyi ataupun seremonial lainnya,” Ucap Prof Dr Ir Yetrie Ludang, MP usai menyerahkan bantuan spontanitas secara simbolik kepada perwakilan tekon dan ASN di lingkungan PPs UPR, Rabu (20/5/2020) pagi.

Lebih lanjut dikatakan Prof Dr Ir Yetrie Ludang, MP yang terlihat makin cantik saja, melalui gerakan solidaritas ini, maka akan lebih memiliki makna dan kesan mendalam, terutama memupuk rasa persatuan dan kesatuan antar sesama, menciptakan rasa kebersamaan serta diwujudkan dalam bentuk berbagi kepada para Tekon dan ASN di lingkungan PPS UPR, yang saat ini juga merasakan dampak dari adanya pandemi COVID-19.

Untuk diketahui, kegiatan pada bulan April 2020 lalu, Direktur PPs UPR dari pribadi juga melakukan kegiatan spontanitas serupa, yakni melakukan pembagian telur ke 42 Tekon dan ASN di lingkungan PPs UPR . Kegiatan hari ini merupakan kegiatan lanjutan, dari kegiatan sebelumnya yang sudah dilakukan. Untuk bulan depan pastilah ada, kita lihat momentumnya, imbuhnya.

Dan pada bulan Mei 2020 ini, bertepatan dengan momentum Harkitnas, Prof Dr Ir Yetrie Ludang, MP juga kembali melakukan hal yang sama, yakni dengan membagikan 1 (satu) dus mie instan, kepada masing-masing Tekon dan ASN yang ada di lingkungan PPs UPR.

Guru Besar berparas cantik ini juga mengatakan, aksi gerakan sosial ini, sebagai wujud syukur yang dimulai dari lingkungan intern dulu sekaligus kepedulian kepada 42 orang Tekon dan ASN di lingkungan PPs UPR, yang saat ini juga merasakan adanya dampak pandemi COVID-19.

“Bantuan ini merupakan bantuan dari pribadi saya, meski nilainya tidak seberapa, namun setidaknya ini merupakan niat tulus dan ikhlas dari saya pribadi, yang peduli kepada para tekon dan ASN yang sudah banyak membantu kami, khususnya di lingkungan PPs UPR ini. Harapannya, melalui bantuan ini bisa sedikit meringankan beban mereka di tengah adanya pandemi COVID-19 yang juga sedang mewabah di Kota Palangka Raya ini,” Ungkap Prof Dr Ir Yetrie Ludang, MP.

Sambung Prof Dr Ir Yetrie Ludang, MP menuturkan, Harkitnas tahun 2020 menjadi momentum yang sangat tepat untuk berbagi kepada sesama, terutama dalam kesempatan ini bagi mereka Tekon dan ASN di lingkungan PPs UPR.

Pada momentum ini, ia juga mengajak seluruh kalangan, untuk bisa saling bergandengan tangan,  menopang dan bahu membahu, bankit dari keterpurukan.

Prof. Yetrie MP juga memberikan semangat, saatnya kita bangkit dari berbagai keterpurukan. Meski itu berat, namun kapan lagi kalau tidak sedari sekarang ini. Selain itu, dirinya juga merencanakan untuk berbagi kepada para tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan COVID-19, tunggu yaa.

“Tugas kita adalah melawan penyebaran virus Korona, yakni  dengan cara tetap mengikuti berbagai anjuran pemerintah, terkait protokol kesehatan, yakni dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Ayo kita bekerjasama bangkit dari keterpurukan, katakan bahwa kita bisa melalui masa-masa sulit ini,” Imbuhnya.

Tak lupa Dirinya juga menghimbau, kepada masyarakat luas, terlebih khususnya civitas akademika di lingkungan PPs UPR, untuk sering-sering mencuci tangan menggunakan sabun pada air yang mengalir. Tetap bekerja, belajar dan beribadah dari rumah atau Work For Home (WFH)

Jangan bepergian, jika tidak ada kepentingan yang sangat mendesak, selalu gunakan masker, bila harus terpaksa keluar rumah. Yang tidak kalah pentingnya lagi, ialah tetap melakukan sosial atau physical distancing.

Serta tetap mematuhi berbagai ketentuan yang telah diatur, selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Kota Palangka Raya. Karena, semuanya itu tujuannya adalah baik, untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Semoga badai Covid-19 segera berlalu.

Sementara itu, menurut salah satu perwakilan Tekon dan ASN yang ada di lingkungan PPs UPR, Tinrudiati, SPd selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) PPs UPR mengatakan bahwa dirinya sangat beryukur dan berterima kasih, memiliki Direktur PPs UPR, Prof Dr Ir Yetrie Ludang, MP selain cantik juga memiliki rasa jiwa sosial yang tinggi terhadap sesama terutama Tekon dan ASN di lingkungan PPs UPR.

“Perhatian ibu Direktur PPs UPR sangat luar biasa. Bantuan yang sudah disalurkan ini memiliki nilai manfaat luar biasa bagi kami, terutama untuk meringankan beban kami di tengah pandemi COVID-19,” Katanya.

Ditambahkannya, kepedulian yang ditunjukkan oleh ibu Direktur PPs UPR juga sebenarnya, sudah jauh-jauh hari dilakukan, bukan hanya saat sekarang saja. Seperti saat menjelang hari-hari besar keagamaan, juga sering dilakukannya.

“Yang pasti, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada ibu Direktur PPs UPR Prof Dr Ir Yetrie Ludang, MP yang sudah sangat peduli kepada kami. Semoga ibu dapat selalu diberikan kesehatan, kesuksesan dan kekuatan dalam menjalankan tugas-tugas di PPs UPR,” sebagaimana semboyan PPs “Harati Bacahaya Kilau Bintang”, PPs menuju UPR Jaya Raya, Tutupnya.

Kepedulian dari Direktur PPs UPR Prof Dr Ir Yetrie Ludang, MP yang tetlihat awet mudanya ini, diberikan juga kepada awak media, dimana bantuan tersebut  juga disalurkan kepada awak media saat melakukan peliputan, pada kegiatan secara simbolik pagi tadi.(YS/a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: