Pertumbuhan Penduduk Potensi Besar Membuka Peluang Usaha

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG- Sektor wirausaha diwilayah Kabupaten Barito Timur memiliki prospek untuk dikembangkan. hal ini seiring pertumbuhan penduduk yang terjadi setiap tahun membuka sejumlah peluang usaha baru, mulai bidang jasa hingga perdagangan.

Seperti yang disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Timur Ariantho S Muller, pertumbuhan didukung dari adanya pergeseran sektor ekonomi didaerah, dari usaha pertanian hingga perkebunan.

“Pertumbuhan penduduk dari luar daerah membuka kesempatan berusaha yang lebih baik. sektor perdagangan dan jasa informasi memiliki peluang bagus untuk dikembangkan,” kata Ariantho S Muller,  kamis (30/1)

Barito Timur memiliki sumber alam yang cukup melimpah. Hanya saja kebanyakan masih diolah dan dijual dalam bentuk mentah. Wirasawsta, hendaknya mampu membaca peluang ini, melalui upaya pemanfaatan hasil alam tersebut menjadi bentuk kerajianan atau bahan masak, yang miliki nilai jual lebih tinggi.

Selama ini ujarnya menambahkan,  masyarakat menganggap bidang kepegawaian dan tenaga kerja perusahaan lebih menjanjikan dari pada sektor usaha mandiri, padahal, orientasi sukses bukan hanya dari jaminan gaji bulanan saja, melainkan pemanfaatan peluang yang dapat melahirkan lapangan kerja baru.

“Kewirausahaan itu miliki prospek berkembang cukup, tinggal bagaimana pengusaha mengatur dan menjalankan usahanya agar lebih maju dan berkembang,” jelasnya menambahkan.

Dalam mendukung hal ini, sambung Ariantho pihaknya merekomendasikan pemerintah setempat turut ambil bagian dalam pengembangan wirausahawan dalam bentuk pelatihan atapun sosilisasi dilapangan bagi masyarakat non skill, pungkas Ariantho.(ag/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: