Foto : Waket II DPRD Barsel Hj. Enung Irawati, saat berbincang santai dengan Kapolres Barsel AKBP Devy Firmansyah, SIK dan Sekda Barsel Eddy Purwanto beberapa waktu lalu.

Hj. Enung : Ajak Masyarakat Galakkan dan Kampanyekan Germas

Foto : Waket II DPRD Barsel Hj. Enung Irawati, saat berbincang dengan Kapolres Barsel AKBP Devy Firmansyah, SIK dan Sekda Barsel Eddy Purwanto beberapa waktu lalu.

Beritakalteng.com, BUNTOK – Wakil ketua II DPRD Barito Selatan (Barsel) Hj. Enung Irawati mengatakan perlu kesadaran semua orang untuk menggalakan gerakan masyarakat (Germas), guna mencapai target peningkatan kesehatan.

“Germas hidup sehat ini perlu kesadaran dari seluruh masyarakat, harus dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Dalam mempraktekkan bagaimana pola hidup bersih dan sehat,” tutur wanita yang akrab disapa Enung ini, Selasa (27/1/2020).

Selain itu, ia juga mengharapkan, kepada instansi terkait agar lebih gencar lagi mensosialisasikan terkait germas tersebut kepada masyarakat di daerah, bahkan hingga ke pelosok desa.

“Hal tersebut supaya masyarakat bisa menyadari akan pentingnya arti hidup sehat, yang dimulai dengan tersedianya air bersih dan sanitasi yang baik,” terangnya mencontohkan.

“Saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk mendukung, serta membantu dinas terkait dalam menyukseskan program Germas yang selama ini dilaksanakan,” tambahnya.

Selanjutnya, kepada setiap kepala desa yang ada di Barsel, ia meminta agar membangun sanitasi termasuk membangun sistem pembuangan air limbah untuk mandi dan wc bagi masyarakat, dijadikan salah satu program prioritas pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

“Kegiatan ini dapat diprogramkan melalui anggaran dana desa, dengan harapan Kabupaten Barito Selatan kedepannya bisa terbebas dari jamban yang mencemari air sungai,” pungkasnya.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: