Foto : Kepala Disnakertrans Barsel, Agus In'yulius, ST, MT, saat melaksanakan pertemuan dengan Kepala UPT BLK Kalteng, Rabu (8/1/2020) lalu.

Dibanding 2019, Program BLK di Tahun 2020 Alami Penurunan

Jalin Kerjasama : Kepala Disnakertrans Barsel, Agus In’yulius, ST, MT, saat melaksanakan pertemuan dengan Kepala UPT BLK Kalteng, Rabu (8/1/2020) lalu.

Beritakalteng.com, BUNTOK – Dibandingkan 2019, Program Kerja Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kalimantan Tengah untuk Kabupaten Barito Selatan, mengalami penurunan sebanyak 45 persen pada Tahun 2020.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Barsel, Agus In’yulius, ST, MT, kepada awak media saat ditemui di Kantornya, Senin (13/1/2020).

Diungkapkan oleh Agus, penurunan jumlah program pelatihan di Barsel, mengalami penurunan sebanyak sebelas program, yakni menjadi 14 program pada tahun 2020 dari 25 program pada tahun 2019.

“Dari informasi yang kita dapat, dari Bapak Hatrin Kepala BLK tadi, dari APBN ada dua belas paket yang akan dilontarkan di Tempat kita paket pelatihan, dari APBD ada dua paket. Memang dari tahun kemaren mengalami penurunan, kalau tahun kemaren APBN terdapat 20 lebih dan APBD lima,” sampaikannya.

Namun, jelasnya lagi, untuk menutupi program pelatihan yang mengalami penurunan tersebut, Disnakerstrans telah menjajaki kerja sama dengan pihak BLK Samarinda, Kalimantan Timur, yang merupakan BLK induk yang menaungi BLK di seluruh Kaltim dan Kalteng.

Bentuk kerja sama tersebut, adalah berupa pelatihan di bidang mekanik alat berat, maintenence air conditioner(AC), operator alat berat, perbaikan barang elektronik, dan lainya.

“Supaya nanti, masyarakat khusus yang di Ruang Lingkup Buntok ini, kita latih semaksimal mungkin dengan peralatan yang ada di BLK sini. Diluar yang kita lakukan juga dengan Samarinda. Kalau Samarinda itu, khusus yang tidak ada disini, kalau yang ada disini kita latih disini, tapi kalau tidak ada disini kita latih di Samarinda,” terangnya.

Lebih lanjut, pria yang pernah menjabat sebagai Kabid Bina Marga DPUPR Lamandau ini, kemudian menceritakan bahwa untuk memaksimalkan program latihan yang dicanangkan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak BLK Kalteng, pada Rabu (8/1/2020) lalu.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak menyepakati beberapa hal, yakni perihal pemaksimalan program kerja yang telah tersusun, kemudian bekerja sama dalam hal mencari sumber pendanaan program pelatihan.

Sebab, terkhusus untuk sumber pendanaan sebenarnya program latihan ini, bisa dilaksanakan dari empat sumber pendanaan, yakni APBN, APBD, Sharing Cost APBN dan APBD, Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), ataupun dari sumber pendanaan kompensasi perusahaan.

“Hasil dari rapat kita tadi,kita menyepakati beberapa hal kita ingin agar di Tempat kita Barsel untuk rencana-rencana pelatihan ditahun 2020.Supaya kita bisa menggunakan kegiatan yang berasal dari APBN,APBD Provinsi dan APBD kita juga,” utarakan Agus.

“Ada kerjasama kami baik dari segi kerjasama pembiayaan maupun kerjasama dalam proses pelatihan,termasuk dengan magang nanti dan kami melakukan kerjasama dengan pihak BLK disini,” tambahkannya.

Dari sekian banyak program pelatihan pada tahun 2020 ini, yaitu pengolahan hasil pertanian (PHP), kemudian Tata kecantikan atau tata rias, ada juga pelatihan di bidang montir, komputer, menjahit, mekanik Sepeda Motor dan Las, untuk pelatihan tersebut.

Pihaknya dan BLK Kalteng, sama-sama berharap agar hal itu bisa benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat, untuk mengembangkan diri menjadi SDM yang terampil, kompeten dan berkualitas. Sebab hal ini, sejalan dengan program Bupati Barsel, H. Eddy Raya Samsuri, ST, yang menginginkan agar Kota Buntok menjadi Kota Satelit.

“Jadi harapan kita kedepannya, di Tahun 2020 ini, kita banyak merekrut tenaga kerja untuk kita latih. Sehingga di Buntok ini tersedia tenaga ahli. Jadi Rencana Bupati Barsel, untuk membangun Kota Satelit itu imbang dengan Sumber Daya Manusia (SDM). Kabupaten Barito Selatan saat ini SDM belum menyeimbangi ini, ini yang kita ingin kembangkan,” harapnya. (Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: