Bupati Inginkan Barsel Jadi Kabupaten Layak Investasi

 

Penyerahan cinderamata oleh Bupati Barsel, H. Eddy Raya Samsuri, ST kepada Kapolres Barsel yang lama, AKBP Wahid Kurniawan, SIK, pada malam kenal pamit Kapolres Barsel, di GPU Jaro Pirarahan, Buntok, Selasa (19/11/2019).

Beritakalteng.com – BUNTOK – Bupati Barito Selatan, H. Eddy Raya Samsuri, berjanji akan membuat program memudahkan perizinan guna mencapai target menjadikan Kabupaten berjuluk Bumi Batuah tersebut, sebagai Daerah layak investasi.

Hal ini, disampaikan Eddy dalam sambutannya pada malam kenal pamit Kapolres Barsel, AKBP Devy Firmansyah, SIK yang menggantikan AKBP Wahid Kurniawan, SIK, di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Jaro Pirarahan Buntok, Kecamatan Dusun Selatan, Selasa (19/11/2019).

Dikatakan Eddy, sesuai dengan pidato yang disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, pekan lalu di Sentul Convention Center, bahwa seluruh pemerintah daerah se-Indonesia selayaknya membuat suatu program yang memudahkan perijinan usaha bagi para investor.

Perintah Presiden tersebut, menurut Eddy sejalan dengan banyaknya potensi yang sebenarnya dimiliki oleh Barsel, baik itu di bidang kehutanan, perkebunan maupun pertambangan, yang bisa dimanfaatkan untuk mengundang investasi masuk kedalam daerah.

“Apalagi Barsel ini, begitu banyaknya potensi dari kehutanan, perkebunan dan pertambangan. Kita ingin, agar Kabupaten Barsel ini menjadi suatu daerah yang sangat layak untuk berinvestasi,” sebutnya.

Kemudian, orang nomor satu di Barsel ini, juga menceritakan bahwa beberapa waktu lalu ada beberapa investor dari luar daerah, yang sudah tertarik untuk menanamkan modal mereka dan menjadikan Kabupaten bersemboyan Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut, sebagai kota satelit yang baru.

Ketertarikan para investor tersebut kepada Barsel, dijelaskan Eddy lagi, dikarenakan daerah yang terkenal dengan produk buah nenas Parigi ini, merupakan salah satu Kabupaten penyangga dari Ibu Kota baru.

“Beberapa waktu lalu, ada beberapa investor besar dari Jakarta datang, mereka ingin untuk berinvestasi di Barsel, salah satunya membangun kota satelit yang baru. Karena memang kita ini adalah sebagai penyangga Ibu Kota daripada Paser Panajam dan juga Kutai Kertanegara,” terangnya.

Untuk itu, Eddy berharap agar seluruh komponen masyarakat berlomba mempersiapkan diri, untuk ikut berperan serta dalam rencana pembangunan Ibu Kota baru yang di wacanakan oleh Presiden.

“Dimana kita ketahui pak Presiden, bisa segera, secepat mungkin, agar pembangunan Ibu Kota Negara ini bisa berjalan dengan baik. Dan kita harapkan, kita sebagai penyangga Ibu Kota ini, bisa berperan serta. Karena nanti diharapkan jalan tol bisa melewati tempat kita ini hingga Palangka Raya,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh Wakil Bupati Barsel, Satya Titiek Atyani Djoedir, Kasdim 1012/Buntok, perwakilan DPRD Barsel, perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Barsel, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Buntok, Sekda Barsel dan ratusan undangan lainnya. (Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: