Foto :

Momentum Instrospeksi Diri di Hari Kesaktian Pancasila

Foto : Istimewa (Gerakkalteng.com)

Beritakalteng.com, SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila bersama instansi vertikal di halaman Kantor Bupati Kotim, Selasa (1/10/2019) pagi.

Kegiatan ini merupakan momentum instrospeksi diri dan juga mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan Indonesia, khususnya untuk mempertahankan Pancasila.

Dandim 1015 Sampit Letkol CZI Akhmad Safari mengatakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober ini sebagai momentum bagi semua untuk mempertahankan Pancasila.

“Tanggal 1 Oktober ini adalah hari gugurnya pahlawan kita, yakni 7 orang perwira TNI yang memang menjadi bagian dari revolusi Indonesia,” kata dandim, Selasa (1/10/2019).

Letkol Akhmad Safari menceritakan, pahlawan yang gugur karena untuk mempertahankan Pancasila dari orang yang ingin mengganti ideologi bangsa yaitu merubah Pancasila.

“Sudah sewajarnya dan sepantasnya kita sebagai anak bangsa memperingatinya,” tegasnya.

Dandim berharap kepada masyarakat agar bisa mengaplikasikan Pancasila ini dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini sangat penting bagi semua warga Indonesia. Dimana nilai-nilai Pancasila ini salah satunya adalah untuk menjaga persatuan dan kesatuan anak bangsa. Meski kita berbeda, baik suku, ras dan agama,” ungkapnya.

Ditegaskannya, nilai-nilai Pancasila ini untuk mempersatukan bangsa, bukan menceraiberaikannya.

“Pancasila ini dinamis dan menyatukan. Mari kita bersama-sama mengamalkan sila pertama sampai kelima dalam kehidupan kita sehari-hari. Mari tegakkan persatuan di tengah-tengah perbedaan,” harapnya.(Sog/aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: