Wabup Bartim Ingatkan Warga Jangan Bakar Lahan

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG- Memasuki musim kemarau sekarang ini, untuk mencagah terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Wakil Bupati (Wabup) Bartim Habib Said Abdul Saleh mengimbau seluruh lapisan masyarakat maupun perusahaan di wilayah itu tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Orang nomor dua di kabupaten berjuluk Jari Janang Kalalawah tersebut mengharapkan, agar sepanjang musim kemarau bencana asap tidak kembali terjadi di daerah karena menjadi momok menakutkan.

“Kami mengharapkan masyarakat berhati-hati  selama musim kemarau, yang pasti untuk menjaga lingkungan dari bahaya kebakaran disengaja atau tidak,” pesan wabup, kemarin.

Pria murah senyum itu menambahkan, bahaya karhutla sangat dirasakan jika tidak diantisipasi sejak dini. Makanya, sebut dia, pihak pemerintah mengajak warga serta perusahaan perkebunan dapat berperan aktif serta segera menindaklanjuti jika muncul titik api.

Sejauh ini, sambung Wabup, Bartim masih dalam kondisi aman dari bahaya karhutla. Hal tersebut juga diharapkan bisa tetap terjaga. “Karhutla menimbulkan asap yang mengganggu kesehatan karena penyakit seperti ISPA. Jangan sampai terjadi di Bartim,” ucapnya.

Hingga saat ini, diketahui pihak TNI- Polri melalui peran dari bhabinkamtibmas dan babinsa serta aparatur desa aktif menyosialisasikan bahaya karhutla dan langkah penaganan yang harus diambil kepada masyarakat secara luas.(ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: