Foto : Anggota DPRD Katingan, Marwan Susanto, saat diwawancarai awak media.

Generasi Muda Harus Diingatkan Perjuangan Para Pahlawan Untuk Pertahankan Ideologi Bangsa

KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Marwan Susanto mengatakan bahwa hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 oktober merupakan sebagai pengingat perjalanan sejarah bagaimana Bangsa Indonesia mempertahankan ideologi negara.

Dia menyebutkan bahwa setiap peringatan hari Kesaktian Pancasila adalah mengenang perjuangan panjang yang harus diingat dan diketahui oleh setiap generasi dan menjadi cerminan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Terutama para generasi muda harus terus diingatkan akan perjuangan para pahlawan yang telah gugur untuk mempertahankan ideologi bangsa,”Tutur Marwan, Selasa (1/10/2024) dikantor DPRD Katingan.

Dirinya juga mengatakan, hari Kesaktian Pancasila tidak saja sebatas untuk diperingati namun juga sebagai ideologi bangsa yang harus dipedomani dan diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Mari kita betul-betul mengimplementasikan nilai-nilai pancasila, dari sila pertama sampai sila kelima,”Ucap Marwan.

Menurut legislator PDI Perjuangan Kabupaten Katingan ini, untuk menanamkan nilai-nilai pancasila selain melalui lingkungan pendidikan, bisa juga melalui lingkungan dan budaya.

Lanjutnya, peringatan hari Kesaktian Pancasila juga menjadi pondasi bagi kebangkitan negara Indonesia tetap kokoh hingga saat ini, sehingga masyarakat Indonesia perlu memaknai peringatan hari kesaktian pancasila ke dalam diri masing-masing sebagai pondasi bernegara dan membangun nasionalisme.

(Grn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *