MTQH XLIV Tahun 2024 Barsel Resmi Ditutup

Foto : Bertempat di Halaman Masjid Agung Baiturrahman, Buntok, MTQH VLIX resmi ditutup.

Beritakalteng.com, BUNTOKPelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadist (MTQH) ke XLIV tahun 2024 tingkat Kabupaten Barito Selatan, resmi ditutup pada Rabu (25/09/2024) malam.

Bertempat di halaman Masjid Agung Baiturrahman, Buntok, Kecamatan Dusun Selatan, acara yang digelar sejak 24 September 2024 tersebut resmi ditutup oleh Asisten III Setda Barsel, Mirwansyah.

Dalam arahannya Pj. Bupati Barsel, Deddy Winarwan yang dibacakan oleh Mirwansyah menyampaikan, bahwa para peserta merupakan pilar-pilar masa depan umat dan bangsa.

“Kalian telah menunjukkan ketekunan dan semangat dalam mempersembahkan bacaan dan pendalaman pemahaman terhadap kitab suci Al Qur’an dan Hadits,” baca dia.

Melalui proses dan persiapan yang panjang dan penampilan di atas panggung memberi makna yang mendalam kepada seluruh umat Islam untuk terus mendalami ajaran Al Qur’an.

“kalian telah mengilhami kita semua untuk terus mendalami ajaran-ajaran Al Qur’an dan Al Hadits dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

“Kalian telah menunjukkan dedikasi, kerja keras, dan semangat juang yang luar biasa dan memberikan inspirasi kepada kita semua untuk terus mengembangkan diri dalam memahami dan mengamalkan Al Qur’an,” puji dia.

Dalam sambutannya, Deddy juga menjelaskan bahwa acara MTQH menjadi wadah yang mempersatukan komunitas melalui persaudaraan dan persahabatan yang terbangun.

“Mari kita terus menjaga semangat kebersamaan dalam rangka membangun masyarakat yang lebih baik, berdasarkan nilai-nilai Islam yang penuh dengan kasih sayang, toleransi dan saling menghormati,” pesannya.

Deddy berpesan untuk seluruh peserta, untuk menjadikan bacaan Al Qur’an sebagai cahaya yang membimbing langkah-langkah dalam setiap tindakan dan keputusan.

“Kalian Sebagai generasi muda, kalian memiliki tanggung jawab besar dalam meneruskan nilai-nilai luhur Al-Qur’an dan Al-Hadits kepada generasi penerus mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu, ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Barsel, Jaya Wardana mengajak agar seluruh umat Islam membumikan Al Qur’an dan hadist bagi generasi muda, untuk menjadikan sebagai syiar agama dan lebih mendalam.

“Mari kita membumikan Al Qur’an sebagai cahaya dalam kehidupan sehari-hari, karena Al Qur’an dan Hadist merupakan pedoman hidup manusia,” ajak dia.

Pada kesempatan berbeda, ketua panitia pelaksana kegiatan,  Achmad Akmal Husein, menyampaikan terima kasih kepada para kafilah dan seluruh masyarakat  yang telah menunjukkan sikap tertibz sehingga pelaksanaan MTQH XLIV berjalan lancar.

“Terima kasih juga kepada dewan hakim yang sudah menjalankan tugasnya dengan maksimal, serta para kafilah yang ikut berlomba untuk  mencapai yang terbaik,” pungkas pria yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Barsel tersebut.

Keluar sebagai juara umum adalah kafilah dari Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA) dan berhasil membawa piala bergilir MTQH Barsel. Selain membawa pulang tropi, para pemenang lomba juga medanpatkan hadiah uang pembinaan.

Juara MTQH XLIV ini nantinya mewakili daerah bersemboyan Dahani Dahanai Tuntung Tulus di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: