Melalui Event Borneo Decafest, BI Kalteng Dukung Akselerasi Tranformasi Digital

PALANGKARAYA – Dalam rangka menumbuh kembangkan ekosistem digital economy di kalimantan tengah. Bank Indonesia (KPw-BI) Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan kegiatan Borneo Decafest atau Borneo Digital Economy Creative Festival.

Kepala KPw-BI Kalimantan Tengah, Yuliansah Andrias menyampaikan bahwa Event ini merupakan kreasi dan inovasi Kalimantan Tengah untuk Indonesia.

“Dimana, tujuannya adalah untuk mendukung akselerasi tranformasi digital yang mencakup ekonomi digital, elektronifikasi dan entertainment,” kata Yuliansah, Jumat (23/8/2024).

Yuliansah mejelaskan bahwa kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 26 sampai dengah 31 Agustus 2024 di Palangkaraya ini dibagi kedalam berbagai kegiatan.

Seperti edusocioportainment dan dirangkaikan dengan pelaksanaan Pekan QRIS yang dilaksanakan serentak di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia.

Dalam pelaksanaannya pun berkolaborasi dan bersinergi dengan sejumlah unsur terkait, diantaranya pemerintah provonsi Kalimantan Tengah dan pemerintah kota Palangkaraya.

Pemerintah kabupaten (pemkab) Kotawaringin Barat, Pemkab Katingan, Pemkab Kapuas, Pemkab Pulang Pisau, Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, BNI, Mandiri, BRI, BSI, BTN, BCA dan BMPD.

“Event Borneo Decafest telah berjalan sejak 29 Juli 2024 sampai 31 Agustus 2024 nanti dan banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam even Borneo Decafest, diantaranya Mascot Design Competiton yang dilaksanakan 25 Juli sampai 9 Agustus 2024 dan diumumkan pada 29 Agustus 2024,” bebernya lebih dalam.

Dilanjurkan kegiatan Roadshow Edutalk yang dilaksanakan di Katingan pada 12 Agustus 2024 dan Pulang Pisau pada 13 Agustus 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 650 peserta siswa atau siswi.

Peserta Roadshow Edutalk akan diberikan pemahaman memateri tentang Kebanksentralan, Sistem Pembayaran Digital, Cinta Bangga Paham Rupiah dan Perlindungan Konsumen.

Pada kegiatan ini juga peserta diwajibkan untuk melakukan registrasi dengan QRIS Rp1 kepada PMI sebagai bentuk edukasi penggunaan QRIS (QRIS Experience.red).

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Palangka Coffee Fest yang dilaksanakan pada 12 sampai 18 Agustus 2024, dalam kegiatan ini BI bekerjasama dengan komunitas pencinta kopi Palangkaraya. Dimana, ada potongan Rp5000 setiap kali bertransaksi menggunakan QRIS;

Aksi Donor Darah yang dilaksanakan pada 26 sampai 28 Agustus 2024 di Ruang Executive Lounge, Lantai 2 Kantor Bank Indonesia Kalteng dengan menargetkan 500 kantong darah.

Opening Ceremony dan Launching Elektronifikasi Transaksi Pemda yang dilaksanakan pada 29 Agustus 2024 di Aula Pertemuan Kantor BI Kalteng.

Talkshow Digital Kreatif mengusung tema ‘Simplify Your Daily Work’ dengan pemateri Danang Juffry selaku Comunity Manager Indonesia dan Brunei @Google yang dilaksanakan pada 29 Agustus 2024 di Aula Lantai 4 kantor BI Kalteng.

Mobile Legends Decafest pendaftaran pada 16 sampai 26 Agustus 2024 dan pelaksanaan lomba pada 31 Agustus 2024 di NaluriHati.co, Jalan Lamtoro Gung, Palangkaraya.

Serta, Hadari Kahayan, kategori Putra dan Putri dengan jarak tempuh 5 Kilometer dan 2,5 Kilometer, pendaftaran dengan menggunakan QRIS sebesar Rp71. Pendaftaran dibuka sejak 05 Agustus 2024 yang dilaksanakan pada 31 Agustus 2024 waktu start pukul 18:00 WIB.

Pelaksanaan malam puncak Borneo Decafest dikolaborasikan dengan program pemerintah provinsi Kalimantan Tengah dalam semarak HUT Kemerdekaan RI ke-79 Tahun di Bumi Tambun Bungai, dalam rangka pariwisata Kalimantan Tengah.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: