Foto Komisioner KPU Kobar dan Plt. Kadis Disdukcapil saat Sosialisasi dan Perekaman e-KTP di SMK Negeri 1 Pangkalan Bun, Jumat (09/08/2024)

KPU Kobar Gandeng Disdukcapil Gelar Sosialisasi dan Perekaman e-KTP Khusus Pemilih Pemula

 

BERITAKALTENG.com – PANGKALAN BUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat gelar sosialisasi sekaligus perekaman e-KTP untuk para siswa SMK Negeri 1 Pangkalan Bun, Sabtu (10/8/2024).

Dalam kegiatan tersebut, KPU berkerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kobar. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memfasilitasi para siswa yang telah atau akan berusia 17 tahun pada tanggal 27 November 2024, sehingga mereka bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum mendatang.

Ketua KPU Kobar, Chaidir menyampaikan bahwa katagori pemilih pemula itu yaitu siswa-siswi SLTA yang baru berusia 17 tahun dan TNI/Polri yang baru pensiun. Dalam memudahkan para siswa-siswi ini pihaknya melakukan sosialisasi dan perekaman e-KTP semua Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Target kita, semua SLTA di Kobar untuk dilakukan sosialisasi dan perekaman e-KTP. Dari hari hasil koordinasi dengan Dinas Disdukcapil Kobar yang mana pihaknya bersedia melakukan perekaman. Hal karena ini pemilih pemula sangat berpotensi di SLTA. Kita ketahui Disdukcapil dapat mengakses Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sehingga pendataannya lebih mudah,” kata Chaidir.

Chaidir menambah bahwa kegiatan ini sebagai upaya pihaknya dalam meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Kami berharap dengan adanya kerja sama ini, partisipasi pemilih pemula meningkat dibandingkan pemilihan – pemilihan sebelumnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Dukcapil Kotawaringin Barat, Tengku M Aqil Noor mengatakan bahwa pihaknya melaksanakan kegiatan ini yang merupakan program jemput bola (jebol).

“Jadi perekaman data hari ini, yang akan dilakukan pencetakan e-KTP pada 27 November 2024 nanti. Sehingga para pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya dengan sah pada Pilkada mendatang,” pungkasnya. (rdn/agg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: