Foto : Suasana saat pelaksanaan paripurna.

Optimalkan PAD, Pemda Akan Mengoptimalkan Sumber Pendapatan Baru

KASONGAN – Sekda Kabupaaten Katingan Pransang menuturkan bahwa asumsi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Katingan yang telah disepakati pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun anggaran 2023 lebih tinggi daripada realisasi, hal ini disampaikan saat pelaksanaan paripurna ke-6 masa persidangan III, dengan agenda pidato Bupati Katingan tentang jawaban terhadap pemandangan umum fraksi atas Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pelaksaaan Anggaran Pendatapan dan Belanja Daerah (APBD) Katingan tahun anggaran 2023, Rabu (3/7/2024).

“Kami akui target PAD yang merupakan asumsi yang juga telah kita sepakati dan tetapkan ternyata lebih tinggi dari realisasi,”Kata Pransang.

Hal tersebut sebut Sekda, menyebabkan koreksi pada perhitungan APBD tahun anggaran 2024 pada proses perubahan APBD mendatang.

Selain itu Sekda juga menyebutkan, bahwa pihaknya melalui tim anggaran telah melakukan perhitungan dan mempertimbangkan alternatif strategi untuk melakukan rasionalisasi target PAD.

“Untuk optimalkan PAD, kami juga terus menggali sumber pendapatan baru dan mengupayakan efektifitas serta efesiensi dalam penggunaan belanja tahun anggaran 2024,”Ujarnya.

Adapun strategi untuk menggali sumber pendapatan baru tersebut lanjut Sekda, pada saatnya nanti akan diajukan sehingga akan dilakukan pembahasan dengan para anggota DPRD.

“Nanti kami harapkan strategi-strategi itu dapat dilakukan saat proses pembahasan perunahan APBD tahun anggaran 2024,”Pungkasnya.

(Grn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: