FOTO : Ketua KPU Kobar, Chaidir saat melantik petugas Pantarlih di halaman kantor KPU Kobar, Senin (24/06/2024).

Lantik 746 Pantarlih, KPU Kobar Lakukan Pemukhtahiran Data Pemilih Tetap

BERITAKALTENG.com – PANGKALAN BUN – KPU Kotawaringin Barat (Kobar) melantik sebanyak 746 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Acara pelantikan berlangsung di halaman kantor KPU Kobar, Senin (24/06/2024).

Ketua KPU Kobar, Chaidir mengatakan bahwa tugas Pantarlih melakukan pemukhtahiran data pemilih di Pilkada serentak tahun 2024. Mereka akan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) dari rumah ke rumah.

Hal ini perlu dilakukan mengingat data pemilih selalu berubah dikarenakan ada warga yang meninggal dunia, berpindah tempat maupun usia anak yang sudah memenuhi syarat jadi pemilih.

“Untuk suksesnya kegiatan ini dibutuhkan dukungan kerjasama masyarakat saat didatangi Pantarlih ke rumahnya dengan memberikan data seperti KTP dan Kartu Keluarga,” kata Ketua KPU Kobar Chaidir.

Selain itu, Ia menekankan kepada Pantarlih dalam mengambil data benar-benar akurat tidak asal-asalan. Dengan demikian dapat menyajikan data pemilih tetap, yang lebih baik lagi untuk pencoblosan pada 27 November 2024.

“Kita perlu semangat dan keseriusan dalam melaksanakan tugas ini. Karena masyarakat menantikan data pemilih yang paling akurat sehingga nanti tidak berpengaruh terhadap proses tahapan berikutnya,” ungkap Ketua KPU Kobar.

Sementara itu, dalam arahannya, Ketua KPU Provinsi Kalteng Sastriadi berpesan kepada Pantarlih agar bekerja sesuai dengan panduan atau pedoman dari pihaknya. Dan juga apabila ada kendala dilapangan segera dikoordinasikan dengan PPS dan PPK.

“Data yang diproduksi oleh Pantarlih ini menjadi basis data utama dalam penyelenggaraan Pilkada di Kalimantan Tengah. Jadi kebutuhan dalam pilkada ini seperti logistik dan keperluan lainnya dihitung berdasarkan DPT yang diperoleh petugas,” tutup Sastriadi. (BK/LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: