Foto : Pj. Bupati Katingan saat memberikan arahan pada kegiatan forum sawit swadaya Kabupaten Katingan.

Sawit Jadi salah Satu Sektor Perkebunan Pesat di Wilayah Katingan

KASONGAN – Pj. Bupati Katingan Saiful membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan forum petani sawit swadaya Kabupaten Katingan, kamis (18/1/2024) kemarin, di aula BKAD Kabupaten Katingan.

Pada sambutannya Pj. Bupati menyebutkan bahwa sektor pertanian, kehutanan dan perikanan merupakan sektor yang memiliki kontribusi besar terhadap struktur ekonomi khususnya diwilayah Kabupaten Katingan.

Saiful menuturkan, bahwa salah satu sektor pertanian yang cukup berkembang di Kabupaten yang bertajuk Penyang Hinje Simpei ini adalah perkebunan yang didominasi kelapa sawit dan karet.

“Berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Katingan tahun 2022 tercatat produksi sub sektor kelapa sawit sebesar 16.080,71 ton dan karet 2.769,92,”Bebernya.

Dikatakannya, bahwa selain berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi sub sektor perkebunan juga memberikan kontribusi terhadap lapangan pekerjaan.

“Dari sektor perkebunan diketahui sangat banyak menyerap lapangan pekerjaan di Kabupaten Katingan, berdasarkan data yang disampaikan ada sekitar 7.528 orang,”Ujarnya.

Lebih lanjut Saiful mengatakan, kedepannya perkebunan ini di prediksi bakal berkembang dengan cepat terutama kelapa sawit, mengingat kelapa sawit ini telah ditetima oleh masyatakat Katingan dan mulai diandalkan untuk menopang perekonomian rumah tangga.

Dirinya juga menyampaikan, pada forum yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya pendataan dan  pemetaan pekebun sawit swadaya telah dilakukan melalui fasilitas surat tanda daftar budidaya bagi pekebun.

Sehingga melalui pertemuan forum kepala sawit swadaya ini Pj. Bupati berharap agar dapat dipahami sebagai bagian dari upaya bersama dalam mendorong percepatan pendataan kebun swadaya di Kabupaten Katingan melalui platform E-STDB yang telah diliris oleh Kementrian Pertanian.

(ans)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: