Melalui Seminar Penelitian, Perkuat Kolaborasi UPR dan DRTPM Kemendikbudristek

PALANGKARAYA – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Palangk Raya (LPPM UPR) menyelenggarakan seminar Hasil-Hasil Penelitian Berbasis Luaran Tahun 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rahan Rektorat UPR tersebut menghadirkan invited speakers Direktur Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbudristek Prof.Dr.Ir. M.Faiz Syuaib, M.Agr.,IPU dengan topik “Kebijakan Pengelolaan Penelitian kepada Masyarakat Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat,”

Pembicara lainnya Dr.Ir. Nanik Astuti Rahman, S.T.,M.T, akademisi Institut Teknologi Nasional Malang dengan topik “Kekayaan Intelektual dalam Tridarma Perguruan Tinggi”.

Rektor UPR Prof.Dr.Ir. Salampak, M.S menyampaikan bahwa kehadiran DRTPM Kemendikbudristek merupakan pengakuan atas komitmen UPR dalam mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“kehadiran Prof.Faiz Syauaib dapat menjadi langkah awal untuk memperkuat kolaborasi antara UPR dan DRTPM. Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki visi dan misi untuk terus berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Prof. Salampak, Rabu (27/12/2023).

Prof. Salampak  juga berharap UPR dapat mendapatkan prioritas dalam hal penerimaan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat  DRTPM setiap tahunnya.

“saya meyakini bahwa dengan peningkatan dukungan ini, UPR dapat lebih optimal dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang tentunya akan berdampak positif pada masyarakat dan lingkungan sekita,” bebernya menambahkan.

Dirinya menjelaskan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek melalui Direktur Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada masyarakat telah memberikan fasilitas bagi dosen untuk bersaing dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“oleh sebab itu diharapkan kedepannya civitas akademika UPR bisa lebih banyak berpartisipasi dan mendapatkan dana riset dan dapat menciptakan inovasi dan luaran yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan secara khusus untuk Universitas Palangka Raya,” pungkasnya lebih dalam lagi

Disisi lain, Ketua LPPM UPR, Dr.Ir.Evi Veronika, M.S  menyampaikan bahwa riset, inovasi dan pengabdian kepada masyarakat merupakan tugas pokok civitas akademika perguruan tinggi yang diharapkan bisa memberikan kontribusi dan manfaat kepada proses pembelajaran,

“kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Palangk Raya (UPR),” tutup Evi.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: