Optimalisasi Penyusunan APBD dan Penangan Stunting

PALANGKARAYA –  Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Setda Provinsi Kalteng Syahfiri  menyampaikan Sosialisasi Arah Kebijakan Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Tahun Anggaran 2024 sangat penting untuk  Pemerintah Daerah.

“Salah satunya adalah jumlah lokasi yaitu  fungsi pendidikan minimal 20 persen dan  yang kedua adalah jumlah lokasi anggaran untuk fungsi kesehatan minimal 10 persen dari total belanja APBD di luar gaji,” kata dia, Jumat (27/10/2023).

lanjutnya, Jumlah anggaran 3 lokasi untuk memperoleh sebesar 40 persen dari total belanja APBD berjumlah 4 alokasi anggaran guna untuk mendukung jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang bersumber dari pajak 37,5 persen pemerintah daerah. Harus memeritaskan alokasi belanja modal APBD tahun anggaran.

Syahfiri mengatakan untuk pembangunan pengembangan sarana dan prasarana yang terkait langsung dengan peningkatan pelayanan publik serta pertumbuhan ekonomi daerah harus melanggar dana hibah untuk kegiatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur, Bupati dan Wakil Bupati serta walikota sebesar 60 persen dari besaran total dan laiinnya yang sudah disepakati bersama.

diharapkan pemerintah daerah juga dapat menganggarkan untuk pementasan stunting dan pengendalian inflasi karena ini adalah 2024 ini penting kenangan stunting dan juga pengendalian inflasi karena di tahun depan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan istilahnya buat pemerintah karena pengendalian inflasi misalnya kemungkinan persoalan masalah ketahanan pangan jadi ada beberapa hal yang kita sampaikan tadi termasuk ke terakhir saya tadi ada Permendagri itu 15 tahun 2023.

” mudah-mudahan dari beberapa pertemuan sosialisasi ini punya manfaat bagi pemerintah daerah dan bisa diterapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,”

“Dan itu juga, sebagai dasar bagi pemeriksa ataupun audit eksternal nanti untuk melakukan pemeriksaan Tahun anggaran 2024 jadi acuan bagi pemerintah seluruh di Indonesia khususnya di daerah yang dikeluarkan oleh Kementerian Republik,” pungkasnya. (Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: