Foto : Pj Bupati Katingan, Saiful, S.Pd, M.Si didampingi Kepala DPMD Katingan Drs. Andrei Nathanael, MAP saat melepas Pendistribusian Logistik Pilkades Serentak Tahun 2023, Senin (23/10/2023).

Pendistribusian Logistik Pilkades Mulai Dilakukan

KASONGAN – Pendistribusian Logistik Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Katingan Tahun 2023 mulai dilakukan. Keberangkatan tim yang membawa logistk Pilkades tersebut, dilepas langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Saiful, S.Pd, M.Si, di Halaman Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)  Katingan, Senin (23/10/2023).

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengatakan bahwa sebagaimana dilaporkan ada 37 desa pada sembilan kecamatan di Kabupaten Katingan yang akan melaksanakan pilklades serentak pada 26 Oktober Tahun 2023.

“Beban terkait pelaksanaan Pilkades serentak ini ada di pundak kita semua, baik Pemerintah Kabupaten Katingan maupun aparat keamanan dari TNI dan Polri serta insan pers,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, dia mengajak semua untuk bersama-sama berkonsentrasi sesuai tugas pokok masing-masing agar penyelenggaraan pesta demokrasi terkait Pilkades ini bersajan sukses sebagaimana harapan.

“Hari ini, kita melepas logistik untuk pelaksanaan Pilkades serentak. Dalam proses pendistibusiannya diharapkan, mengikuti juknis maupun juklak, agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Pj Bupati juga mengingatkan, agar pengamanan di tingkat kecamatan dan desa harus dimaksimalkan sedemikian rupa. Begitu pula saat hari H pelaksanaan Pilkades, logistik yang terkait dengan penyelenggaran Pilkades harus benar-benar terkawal oleh semua pihak.

“Kami mengharapkan, pihak aparat keamanan agar bisa bersama-sama dengan kami mengawal jakanya Pilkades ini agar bisa terlaksana dengan baik sesuai yang diharapkan,” imbuhnya.

Dia mengungkapakan, sebagaimana yang disampaikan bahwa ada 143 calon kepala desa yang akan berkompetisi dalam Pilkades serentak. Dari semua itu hanyak 37 orang yang akan mendang, artinya 106 lagi harus menerima kenyataan jika mereka tidak terpilih. Terkadang, ada calon dan pendukung yang tidak terima dengan hasilnya.

“Oleh karena itu, saya mengarapkan pada samat dan khususnya pihak DPMD agar hal-hal terkait masalah tersebut bisa diredam sebaik mungkin,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala DPMD Kabupaten Katingan  Drs. Andrei Nathanael, MAP melaporkan, bahwa penyaluran logistik Pilkades serentak ini dalam rangka persiapan pelaksanaan pemungutan suara pada 26 Oktober 2023 di 37 desa pada Sembilan kecamatan.

“Logistik yang disalurkan hari ini antara lain 26.646 lembar dan 666 lembar atau 2,5 persen surat suara tambahan yang nantinya akan digunakan sebagai pengganti ketika ditemukan ada surat suara yang rusak,” jelasnya.

Nathan mengungkapkan, tidak ada surat suara untuk pemilih tambahan. Karena sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati, surat suara yang berjumlah 2,5 persen tersebut hanya untuk mengganti jika ada yang rusak.

“Jadi tidak ada penambahan pemilihan, karena sudah disepakati dan ditandatangani oleh selueuh calon kepala desa,” pungkasnya.

Pilkades serentak Tahun 2023 ini, terangnya, diikuti 143 calon serta jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 54. Proses pendistribusian logistik, start dari Kantor DPMD Katingan dan finish di sembilan kantor kecamatan yang melaksanakan Pilkades.

“Nantinya, akan dilanjutkan oleh para camat untuk mendistribusikan ke desa di wilayah kerjanya masing-masing yang melaksanakan Pilkades serentak Tahun 2023. Dalam pengamanan, melibatkan pihak TNI, Polri, Satpol PP dan didampingi panitia dari DPMD Katingan,” sebutnya.

(ejk/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: