FOTO: Ketua Komisi III DPRD Kalteng, bidang pendidikan dan kesehatan, Duwel Rawing.

Pemerintah Segera Menyiapkan Fasilitas di RSUD Hanau Kabupaten Seruyan

PALANGKARAYA – Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah sangat menyambut baik progres kemajuan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hanau di Kabupaten Seruyan yang ditargetkan akan mulai beroperasi awal tahun depan.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi III, Duwel Rawing menurutnya sangat relevan dan penting. Dengan keberadaan RSUD Hanau di Kalteng, provinsi tersebut akan memiliki lebih banyak fasilitas kesehatan yang akan memperluas cakupan layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Hanya saja yang sekarang jadi pekerjaan rumah pemerintah untuk memenuhi tenaga kesehatannya merujuk pada tantangan yang dihadapi pemerintah terkait keberlanjutan operasional RSUD Hanau dan fasilitas kesehatan lainnya,” kata Duwel, Senin (23/10/2023).

Politikus PDIP ini menyebutkan bahwa rencana operasional RSUD Hanau akan memberi sejumlah catatan bagi pemerintah mengemukakan pentingnya mempertimbangkan beberapa faktor kunci.

Karena selain menyiapkan fasilitas dan peralatan penunjang pelayanan, pemerintah juga harus memastikan sumber daya manusia yang melayani mencukupi.

Pemenuhan tenaga kesehatan ini sangat penting diperhatikan, mengingat tidak semua latar belakang bisa bekerja di rumah sakit, khususnya hal-hal yang berkaitan langsung dengan penanganan kesehatan.

“Memahami bahwa pindahan dari tempat lain juga tidak memungkinkan karena masalah kekurangan tenaga kesehatan yang tersebar di berbagai wilayah adalah penting. Situasi ini menunjukkan bahwa masalah kekurangan tenaga kesehatan adalah masalah nasional yang membutuhkan perencanaan dan solusi yang lebih luas dari pemerintah pusat dan daerah,” ucapnya.

Tentu  akan sangat percuma jika RSUD Hanau ini operasional namun tenaga kesehatan yang tidak mencukupi. Sehingga pemerintah diharapkan memerhatikan persoalan ini supaya ketika rumah sakit tersebut beroperasi, tidak ada lagi kekurangan dari sisi pelayanan.

“Ya, perawatan pasien memerlukan tenaga kesehatan yang berkualifikasi dan terlatih dengan baik. Ini termasuk dokter spesialis, perawat yang kompeten, teknisi laboratorium, dan tenaga medis lainnya yang memahami tugas mereka dengan baik,” tandasnya.(Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: