Dukung Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri 

PALANGKARAYA – Kepala Dinas Perdagangan Prov. Kalteng Hj. Aster Bonawaty M, SH., MH membuka Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), yang dilaksanakan di Luwansa Hotel Palangka Raya, Selasa (03/10/2023).

Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Hj. Aster Bonawaty M saat menyampaikan tujuan kegitan hari ini adalah untuk mensosialisasikan bangga buatan Indonesia dalam hal ini buatan lokal Kalimantan Tengah.

“kerajinan memegang peran penting untuk artinya adalah salah satu produk yang bisa merangsang generasi muda untuk kreatif. Dari rotan ini juga banyak di sekeliling kita dari purun itu bisa dibikin berbagai macam benda kebutuhan sehingga mereka berpikir pengen seperti saya,” Ujar Aster.

penggunaan produk dalam negeri itu sebenarnya enggak ada kendalanya cuman hanya kurang sosialisasi saja. Karena hampir semua ini barang-barang itu sudah ada di produk dalam negerinya kecuali HP, HP inikan masih buatan Cina dan buatan Samsung itu sebenarnya enggak ada kendala.

“Yang berarti kita harusnya  terus mengkampanyekan mau sosialisasikan penggunaan terus dalam negeri. Karena hampir semua kebutuhan kita ini sudah bisa di kita produk sendiri.

Menurut Aster tantangan ke depan untuk pelestarian industri kerajinan salah satunya dorongan kita kepada Disdik pendidikan untuk bisa memasukkan kurikulum kerajinan ini ke dalam baik itu ekskul maupun di luar.

“Saya menyampaikan dalam buatan di luar negeri itu pakai mesin tapi memang pabrikan itu lebih mahal dan lebih murah harganya tapi inikan ada estetikanya dan ada seninya, makanya nilainya agak sedikit mahal,” tutup Aster. (Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: