Dukung Pemanfaatan Media Digitalisasi Sektor Usaha

PALANGKARAYA – Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Prov. Kalteng Sri Widanarni  membuka Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) I DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (03/10/2023).

Sri Widanarni menyampaikan bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional. UMKM berkontribusi sebesar 57,2 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Oleh karena itu, pengembangan UMKM menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing ekonomi daerah.

“Salah satu upaya untuk mengembangkan UMKM adalah dengan memanfaatkan media dan digitalisasi. Media dan digitalisasi dapat digunakan untuk memperluas akses pasar, meningkatkan promosi, dan meningkatkan efisiensi usaha,” ujar Sri.

Sesuai dengan Tema yang diusung pada RAKERDA IWAPI kali ini yaitu “Pengembangan, Pemanfaatan Media dan Digitalisasi Sektor Usaha Anggota IWAPI Kalimantan Tengah untuk Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Daerah”.

Dirinya mengapresiasi IWAPI Provinsi Kalimantan Tengah yang telah menginisiasi acara ini. Dengan harapan acara ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pelaku UMKM dalam memanfaatkan media dan digitalisasi.

Ia juga menambahkan Kepada para pelaku UMKM, untuk terus meningkatkan kapasitas dan daya saing usaha. Salah satunya dengan memanfaatkan media dan digitalisasi.

“Saya harap untuk memanfaatkan media dan digitalisasi, para pelaku UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan promosi, dan meningkatkan efisiensi usaha,” tutur Sri.

Saat diwawancarai oleh sejumlah awak media, Ketua TP PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran mengatakan bahwa dengan tema arah kerja kali ini salah satu intinya untuk mengoptimalkan digitalisasi pemasaran untuk menjangkau lebih luas lagi.

“Kami berharap juga tentunya dengan digital pemasaran ini tadi bisa menjangkau lebih banyak audience dan juga dikenal sampai nasional bahkan internasional dan harapannya juga menjadi mitra pemerintah untuk sama-sama kita membangun memajukan mengembangkan UMKM,” kata dia lagi.

Karena UMK ini adalah ujung tombak dari perekonomian di Indonesia pengusaha wanita Indonesia ini makin bisa mengembangkan usahanya sehingga tidak hanya apa dikenal di sini aja bahkan nasional dan internasional.

“Saya harap juga tentunya nanti bisa juga support untuk perekonomian di Kalimantan Tengah,” tutup Ivo.(Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: