Pemprov Kalteng Siapkan 43 Miliar untuk Bantuan Bibit Ternak

Foto : Peringatan Hari Peternakan dan Kesehatan Hewan Tingkat Provinsi Kalteng tahun 2023.Foto.Ngel

BERITAKALTENG. com Palangka Raya – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo menghadiri Peringatan Hari Peternakan dan Kesehatan Hewan Tingkat Provinsi Kalteng tahun 2023. Acara peringatan digelar di halaman kantor Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng, Sabtu (26/8/2023).

Membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng dalam kesempatan itu Wagub Edy Pratowo mengatakan, perkembangan usaha peternakan dan kesehatan hewan di Kalimantan Tengah menjadi isu strategis, mengingat peran penting dan berbagai kondisi yang berkembang dalam penyediaan pangan yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh, Halal).

Dikatakan, komoditas peternakan merupakan salah satu sumber pangan yang sangat dibutuhkan masyarakat dan beberapa komoditas pangan berkontribusi dalam inflasi. Hal ini tidak terlepas dari jumlah produksi beberapa produk peternakan seperti daging sapi, telur dan daging ayam yang masih rendah.

Pada tahun 2023 ini melalu APBD Provinsi Kalteng mengalokasikan anggaran sekitar 43 Miliar untuk bantuan bibit Sapi 850 ekor, Kambing 2.241 ekor, Ayam 3.808 ekor, Itik 2.142 ekor dan Babi 794 ekor, serta sarana-prasarana pendukung usaha peternakan kepada masyarakat berupa pembangunan kandang ternak, alsintan, pakan ternak serta vaksin dan obat-obatan dalam bentuk hibah ke masyarakat.

“Pada tahun ini juga, sedang dibangun pabrik pakan ternak berkapsitas 30 ton/hari, yang diharapkan mampu menyediakan pakan murah bagi peternak di Kalteng dan apartement ayam broiler (clouse house) berkapasitas 30 ribu ekor sebagai penyangga dalam pengendalian inflasi harga ayam pedaging di Kalteng yang pembangunannya diharapkan selesai pada akhir tahun 2023,”sebutnya.

Dalam kesempatan peringatan hari peternakan dan kesehatan hewan tersebut wagub mengimbau kepada seluruh stakeholders yang bergerak dalam pelaksanan fungsi peternakan dan kesehatan hewan, untuk terus meningkatkan inovasi, etos kerja dan kompetensi dalam menjalankan, memajukan peternakan dan Kesehatan hewan di Kalteng.

“Mari bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kesadaran akan pentingnya asupan gizi. Terutama protein hewani sehingga dapat mengurangi dan mencegah stunting demi mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas sebagai penerus pemimpin bangsa,” tutupnya. (Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: